Kembali Berulah, Fans PewDiePie Retas Situs Berita AS & SPBU Tulungagung

Teknologi 19 Des 2018

Hai, MedForians!
Berita terbaru dari fans Youtuber terkenal PewDiePie yang kembali berulah. Setelah sebelumnya ribuan printer sukses diretas demi “Subscribe to PewDiepie”, kali ini hacker radikal “Subscribe to PewDiepie” beraksi di dua lokasi berbeda, yakni di Amerika Serikat dan Indonesia.

Di Amerika Serikat, situs berita Wall Street Journal (WSJ) menjadi korban. Para hacker sukses membobol situs tersebut, lalu menampilkan laman palsu untuk mendukung kanal PewDiePie. Laman palsu tersebut juga mengumumkan bahwa meminta maaf ke YouTuber berdarah Swedia itu dan menyebut jurnalis WSJ telah salah sangka dalam pemberitaan tentang PewDiePie.

“Karena salah sangka dari jurnalis kami yang saat ini telah dipecat, kami mensponsori PewDiePie untuk mencapai subscriber maksimal dan memukul mundur T-Series hingga 80 juta subscriber,” tulis publikasi palsu tersebut.

Kasus ini kemudian dilihat PewDiePie. Dirinya pun ikut mempromosikan publikasi ilegal ini melalui akun Twitter. Berikut isi cuitannya :

https://twitter.com/pewdiepie/status/1074706592350789634

Dilansir dari KompasTekno, Selasa (18/12), The Verge melaporkan bahwa pihak Wall Street Journal telah mengetahui peretasan itu dan akan melakukan investigasi penuh.

“Laman tersebut dimiliki oleh WSJ Custom Solution, sebuah unit periklanan yang tidak berafiliasi dengan meja redaksi WSJ,” jelas salah satu perwakilan WSJ.

Di Indonesia, kasus serupa terjadi di sebuah SPBU di Tulung Agung. Hacker ini meretas salah satu papan penunjuk harga yang ada di Pom Bensin dengan tulisan “SUBSCRIBE TO PEWDIEPIE”. Berikut cuplikan videonya :

Di dua video tersebut, hacker bernama Synchr0n1z3d menuliskan “pertamina tulungagung ter hack SUBSCRIBE TO PEWDIPIE”. Kalimat ini muncul di papan penunjuk harga di salah satu pom bensin atau SPBU yang dikatakan berada di wilayah Jepun, Tulungagung, Jawa Timur.

Sepertinya para fans radikal PewDiePie ini akan kembali ngotot, demi mendukung idolanya sebagai raja Youtuber di dunia. PewDiepie sendiri bersaing ketat dengan kanal T-Series dalam meraih subscriber terbanyak. Entah sampai kapan perang subscriber ini berakhir.

Sumber : KompasTekno, Gamebrott

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.