Menu Tutup

Maret 2019, Google Allo Bakal Ditutup

Hai, MedForians!
Berita terbaru hadir dari salah satu fitur layanan pesan singkat milik Google, yakni Google Allo. Melalui blog resminya, Google mengumumkan bahwa layanan pesan singkat Google Allo akhirnya resmi ditutup pada Maret 2019, setelah beroperasi selama dua tahun sejak 2016 lalu.

Dilansir dari Kompas Tekno, pengguna masih bisa mengobrol maya menggunakan Google Allo hingga Maret 2019. Dalam kurun waktu tersebut, pengguna disarankan mengunduh semua obrolan penting agar tak ikut hilang.

“Awal tahun ini, kami menghentikan investasi di Allo, dan membawa beberapa fitur andalan layanan tersebut ke Messages,” begitu tertulis pada blog resmi Google.

Dengan kata lain, Google ke depan bakal lebih fokus mengembangkan “Messages”, yang tak lain merupakan aplikasi Android untuk SMS, MMS, dan chatting. Fitur “Messages” ini didukung Google dengan menambahkan Rich Communication Services (RCS), yakni standar SMS yang disempurnakan. Standar itu memungkinkan komunikasi antar Android layaknya iMessage di Apple. Fitur-fiturnya lengkap “Messages” bakal lebih banyak dihadirkan, mulai dari teks untuk grup, GIF, stiker, video, dan audio.

Selain Allo, Google juga merilis Duo yang merupakan aplikasi obrolan video. Berbeda nasib dengan Allo, Duo tetap dipertahankan. Duo dianggap memiliki potensi nilai lebih besar secara bisnis.

“Kami mengembangkan Duo sebagai aplikasi panggilan video berkualitas tinggi. Aplikasi ini bertumbuh pesat di Android maupun iOS,” kata perwakilan Google.

Layanan pesan singkat lainnya, “Hangouts” harus bernasib sama dengan Allo. “Hangouts” dikabarkan akan ditutup pada 2020. Pengguna fitur tersebut disarankan untuk memigrasikan layanannya ke Hangouts Chat dan Meet.

Sumber : Kompas Tekno

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×