Menu Tutup

Melihat Detik-Detik “Kematian” Siaran TV Analog di Britania Raya

Hai, MedForians!

Setelah beberapa waktu lalu kami jabarkan detik-detik penonaktifan siaran TV analog di Jepang, kini mari menjelajah lebih jauh lagi ke Negeri Ratu Elizabeth, Britania Raya

Negara yang terdiri dari beberapa wilayah seperti: Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara ini memiliki stasiun televisi yang cukup masyhur dan bersejarah di seluruh dunia.

Sejarah pertelevisian Britania Raya dimulai dari terbentuknya BBC. BBC merupakan singkatan dari British Broadcasting Corporation, berdiri pada tahun 1927. Melayani siaran televisi, radio, dan situs web berita.

Dimulai sejak 2005 lalu, penonaktifan siaran analog telah dilakukan secara bertahap, dan puncaknya pada 2012 lalu, seluruh saluran analog di negara itu telah dinonaktifkan.

Kini, baik BBC, itv, Channel 4, dan saluran lainnya telah bersiaran dalam format digital, baik melalui Terestial, IPTV, atau satelit.

Bagaimanakah detik-detik penonaktifan tayangan analog di Britania Raya?

Untuk saluran BBC, baik BBC One atau BBC Two akan menunjukkan gambar robot yang memegang switch yang seakan akan digunakan untuk menonaktifkan saluran analog.

BACA JUGA :  Buntut Efisiensi, NET Tutup 2 Biro Daerah di Pulau Jawa

Narator kemudian menjelaskan bahwa siaran analog akan dinonaktifkan, dan selanjutnya menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh pengguna analog dan dekoder terestial.

Pengguna satelit dan IPTV tidak terpengaruh dengan penonaktifan tayangan analog, namun salam perpisahan masih dapat diterima.

Untuk desain, baik BBC One maupun BBC Two memiliki warna tema yang berbeda. BBC One berlatar merah, sedangkan BBC Two berwarna biru kehijauan.

Setelah pengumuman tersebut, narator selanjutnya mengucapkan salam perpisahan untuk siaran analog. Beberapa saluran menayangkan gambar yang berbeda.

Ada yang menayangkan suasana malam, ada juga yang menayangkan ident BBC, yakni balon udara bermotif peta dunia dengan God Save The Queen, lagu kebangsaan Britania Raya sebagai latar belakang suaranya.

Namun, ada juga yang menayangkan perangkat ident lama dan boneka robot diantara perangkat penyiaran yang lebih canggih. Selain itu, ada juga yang menayangkan ident lama dari BBC Two.

BACA JUGA :  Per September, Siaran Analog di Malaysia akan Dinonaktifkan

Setelah pemberitahuan berakhir, tayangan analog di Britania Raya kemudian menampilkan noise. Itu berarti, tayangan analog sudah dinonaktifkan sepenuhnya.

Kamu dapat melihat beberapa contohnya melalui video YouTube berikut.

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×