Menu Tutup

Permainan Gacha Diselidiki akibat Dianggap Judi

Hai, MedForians!

“Gacha, menjanjikan kekuatan.” Kata-kata ini seakan cocok dengan kondisi saat ini dimana banyak yang terjerumus ke dalam lembah hitam ini. Apapun akan diberikan, asal SSR bisa didapat. Dengan semakin populernya game dengan gacha lootbox atau yang sejenisnya, hal ini mengundang kekhawatiran dari Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat.

Ketua Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat, Joseph Simmonsmengatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan penyelidikan terhadap Loot Boxes atau permainan gacha dalam video game.

Senator New Hampshire, Maggie Hassan mengatakan jika pada awalnya ia meminta penyelidikan ini untuk memastikan bahwa anak-anak dilindungi secara memadai, serta untuk mendidik orang tua tentang kecanduan potensial atau dampak negatif lainnya dari permainan ini.

Hassan sebelumnya mengirim surat kepada ESRB, meminta kelompok tersebut untuk meninjau proses penilaian untuk permainan dengan Permainan Gacha (istilah yang berasal dari mainan kapsul gachapon). Organisasi lain menambahkan label untuk pembelian dalam game tetapi tidak secara khusus untuk Loot Boxes. Yang dapat menawarkan imbalan acak, terkadang dengan imbalan uang asli.

BACA JUGA :  Riko Sakurauchi Tampil Imut di Iklan Sandwich Seven Eleven

Beberapa negara lain telah bergerak dalam mengatur mekanisme permainan gacha. Komisi Gaming Belgia menyatakan pada bulan April bahwa mekanisme Gacha melanggar undang-undang perjudian negara. Akibatnya, Square Enix mengakhiri layanan untuk tiga game smartphone-nya di Belgia.

Aturan tersebut membuat game Dragon Ball Z Dokkan Battle tidak akan lagi menawarkan barang-barang tertentu untuk dibeli di Belgia. Selain di Belgia, Belanda juga telah melarang permainan Gacha.

Dikutip dari AnimeNewsNetwork, Apple menambahkan pedoman untuk App Store pada bulan Desember yang kini mengharuskan aplikasi untuk memperlihatkan besar peluang dalam pembelian lootbox.

“Aplikasi yang menawarkan ‘lootbox’ atau mekanisme lain yang menyediakan item virtual acak untuk pembelian harus memperlihatkan besar peluang yang diterima setiap jenis barang kepada pelanggan sebelum membeli.”

Beberapa aplikasi, termasuk game yang disebutkan di atas, mulai memperlihatkan besar peluang lootbox atau gacha di Jepang minggu ini.

BACA JUGA :  Kojima Productions Umumkan 10 Karakter Death Stranding Terfavorit

Sumber: AnimeNewsNetwork, Dafunda Otaku

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×