Menu Tutup

Microsoft Edge Resmi Pakai Chromium, Buat Edge Tersedia di Lebih Banyak Platform!

Hai, MedForians!

Sebelumnya, kami mengabarkan mengenai Microsoft yang tengah mengembangkan ‘Project Anaheim’, sebuah browser pengganti Microsoft Edge dengan engine Chromium. Nampaknya kabar tersebut memang benar adanya.

Resmi Diumumkan!

Seperti yang dilansir oleh The Verge, Microsoft resmi mengumumkan rencananya ini. Seperti yang dikatakan oleh Corporate Vice President Windows, Joe Belfiore.

“Pada akhirnya, kami ingin membuat pengalaman web lebih baik untuk banyak pemirsa yang berbeda, Orang-orang yang menggunakan Microsoft Edge (dan mungkin browser lainnya) akan mengalami peningkatan kompatibilitas dengan semua situs web, sambil mendapatkan daya tahan baterai dan integrasi perangkat keras terbaik pada semua jenis perangkat Windows.” jelasnya.

Microsoft Edge tidak akan dihentikan pengembangannya, begitupun nama ‘Edge’ sendiri takkan diubah. Edge di Windows 10 saat ini akan tetap sama. Perubahan yang akan dirasakan adalah situs web akan tampil lebih konsisten setelah Microsoft membuat perubahan di dalam engine Edge sendiri.

Apa alasan Microsoft meninggalkan EdgeHTML?

Jadi mengapa Microsoft mengubah mesin rendernya? Kenapa sekarang? Edge telah jatuh secara besar-besaran di belakang Chrome dalam hal pangsa pasar. Pengembang web kini lebih mengoptimalkan Chrome, dan Google juga telah membuat layanan web khusus Chrome karena browser ini sering kali yang pertama mengadopsi teknologi web baru yang muncul. Kini, Microsoft telah berjuang untuk mempertahankan Edge dengan mengubah mesin render EdgeHTML-nya menjadi menggunakan Chromium.

BACA JUGA :  Resmi Diperkenalkan, AirPods 2 Dukung Fitur Wireless Charging dan Siri

Microsoft telah mempertimbangkan langkah ini setidaknya selama setahun, mengingat banyak dorongan dari konsumen dan bisnis yang menginginkan Microsoft untuk meningkatkan kompatibilitas web di Edge. Tetapi masalah kompatibilitas kecil telah menjadi masalah bagi pengguna selama ini. Peralihan ke Chromium akan segera mengatasi masalah kompatibilitas web ini, dan menyejajarkan Edge dengan Chrome dan peramban lain yang juga menggunakan Blink.

Edge Tak Lagi Eksklusif Untuk Windows 10

Microsoft juga telah mendengar keluhan dari bisnis yang menginginkan perusahaan asal Redmond ini untuk mendukung browser Edge modern di semua versi Windows. Banyak bisnis memiliki mesin yang masih menjalankan Windows 7 dan sekaligus Windows 10.

Oleh karenanya, Microsoft kini membawa Edge ke Windows 7 dan Windows 8, membuat Edge tak lagi menjadi eksklusif untuk Windows 10. Edge akan menjadi executable yang bisa didownload di semua versi Windows yang didukung, berarti Microsoft akan dapat memperbaruinya jauh lebih sering daripada sebelumnya. Tidak jelas apakah pembaruan ini akan menjadi bulanan, tetapi yang jelas pembaruan Edge takkan terikat dengan setiap pembaruan utama Windows 10 lagi.

BACA JUGA :  [FOKUS] Mencoba Windows 8.1 pada PC Berspesifikasi Rendah di 2019

Edge Juga akan Diboyong ke Mac!

Banyak pengembang web menggunakan Mac untuk mengembangkan dan menguji situsnya, tetapi Edge tidak ada di sana, dan saat ini sulit untuk menguji mesin rendering web Microsoft pada Mac tanpa dual booting Windows. Karenanya, Microsoft kini juga membawa Edge ke Mac. Microsoft sendiri belum mengumumkan tanggal tertentu mengenai perilisan Edge di Mac, kemungkinan kita akan melihatnya di akhir tahun depan.

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu mengenai hal ini di kolom komentar!

Baca Juga Artikel Ini!

×