Menu Tutup

Samsung A8s Dengan “Layar Bolong” Resmi Rilis

Hai MedForians!

Kali ini, Samsung memperkenalkan smartphone terbaru dari seri A, yaitu A8s!

Inovasi Terbaru A8s

Sempat beredar desas-desus yang mengatakan Samsung akan mengeluarkan ponsel tanpa notch, dan ternyata hal ini benar-benar terjadi.

Dikutip dari BBC News, TechCrunch, dan KompasTekno, Samsung A8s pertama kali diresmikan di negara asal, yaitu Korea Selatan.

Perusahaan pesaing dari Tiongkok, Huawei, sempat juga merilis ponsel dengan konsep yang sama, yaitu Huawei Honor View 20.

Kedua perusahaan mengklaim telah merilis smartphone dengan kamera “layar bolong” pertama di dunia.

Huawei merilis smartphone terbaru mereka beberapa jam lebih dulu daripada Samsung. Namun, Samsung sudah lebih dahulu menciptakan konsep ini semenjak ada bocoran informasi pada bulan November lalu.

Ponsel ini mengadopsi konsep terbaru, yaitu layar Infinity-O. Maksud dari konsep ini adalah terdapat sebuah “lubang” di bagian pojok kiri atas layar yang akan dipakai untuk menjadi wadah kamera depan.

Desain ini digunakan untuk menggantikan tren “notch” yang pertama kali diadopsi oleh Apple pada ponsel iPhone miliknya, dan ditiru oleh perusahaan lain.

Pada Samsung A8s, lubang untuk wadah kamera ini memiliki diameter sebesar 6,7 mm.

BACA JUGA :  Pendiri WhatsApp Brian Acton Ajak Hapus Akun Facebook

Ada kemungkinan bahwa tren ini akan segera menggantikan “notch” yang dikatakan menganggu tampilan pengguna dan bukanlah “bezel-less” murni.

Spesifikasi

Ditargetkan untuk smartphone premium kelas menengah, Samsung A8s dibekali dengan sistem perangkat yang sangat mumpuni.

Pada bagian belakang ponsel ini, terdapat 3 buah kamera utama dan sebuah sensor fingerprint.

Kamera utama ini masing-masing berukuran 24, 10, dan 5 megapiksel. Untuk yang paling besar dibekali dengan bukaan lensa f/1.7. Kemudian yang 10 megapiksel berfungsi untuk lensa telephoto, dan yang 5 megapiksel untuk depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh.

Untuk kamera depan, kamera tersebut memiliki resolusi 24 megapiksel dan bukaan lensa f/2.0.

Untuk perangkat keras utama, ponsel ini memiliki chip Qualcomm Snapdragon 710. Terdapat  dua pilihan RAM untuk ponsel ini, yaitu 6 GB atau 8 GB. Memori internal yang disediakan adalah sebesar 128 GB. Selain penyimpanan bawaan, disediakan juga slot untuk micro-SD dengan dukungan kapasitas hingga 512 GB.

Untuk kapasitas baterai, ponsel ini dibekali dengan baterai Li-ion dengan kapasitas 3400 mAh. Kapasitas ini sudah tergolong besar dan cukup untuk penggunaan selama satu hari penuh. Untuk meningkatkan kenyamanan, smartphone ini juga dibekali dengan teknologi Fast Charging. Untuk port charger, ponsel ini menggunakan USB-C.

BACA JUGA :  Kecepatan Internet Seluler Indonesia Paling Lambat Se-Asia Tenggara

Sistem operasi yang digunakan oleh ponsel ini adalah Android versi 8.0 (Android Oreo). Kemungkinan besar ponsel ini akan mendapatkan pembaharuan ke Android 9.0 (Android Pie).

Pemasaran

Untuk saat ini, Samsung A8s baru dirilis untuk wilayah Tiongkok saja. Pemesanan akan mulai dibuka pada tanggal 21 Desember 2018.

Untuk harga, belum diketahui informasi lebih lanjut dari Samsung. Kemudian, mengenai kapan ponsel ini akan rilis di dunia internasional juga belum diketahui. Ada kemungkinan bahwa ponsel ini baru akan rilis secara umum pada awal tahun 2019.

Bagaimana, MedForians? Ingin mencoba ponsel dengan “layar bolong” ini? Yuk berikan tanggapannya!

Baca Juga Artikel Ini!

×