Menu Tutup

Televisi di Jepang Mulai Bersiaran dalam Format 4K dan 8K

Hai, MedForians!

Pada hari ini pukul 10:00 waktu Jepang (atau pukul 08:00 WIB), beberapa jaringan televisi di Jepang telah meluncurkan siaran dalam format 4K dan 8K. Siaran berdefinisi ultra tinggi ini menampilkan gambar dan audio jauh melebihi level yang digunakan dalam penyiaran definisi tinggi konvensional.

Dalam upacara peresmian di Tokyo, Menteri Komunikasi Jepang, Masatoshi Ishida mengklaim tayangan berdefinisi ultra tinggi ini merupakan yang pertama di dunia. Ia berharap Jepang akan memainkan peranan utama dalam penyiaran berdefinisi ultra tinggi di seluruh dunia.

Penyiaran dalam definisi ultra tinggi ini bertujuan untuk menyebarkan layanan dengan memberikan pengalaman menarik bagi pemirsa.

-Ryoichi Ueda, Presiden NHK

Setelah hitungan mundur, tepat pukul 10:00 waktu Jepang, stasiun penyiar mulai menunjukkan program dalam format 8K dan 4K secara bersamaan. Dikutip dari berita NHK World Newsline, stasiun NHK menyiarkan tayangan berdefinisi ultra tinggi tersebut melalui jaringan satelit khusus, yakni NHK BS4K dan NHK BS8K.

BACA JUGA :  Cosplayer Ini Dikritik Setelah Tampil Sebagai Sasha "Seksi"

Selain NHK, beberapa stasiun seperti TBS, Fuji TV, Nippon Television, dan TV Asahi juga bersiaran dalam format ultra tinggi ini. Nittere (Nippon Television) telah lebih dulu bersiaran dalam format 4K sejak 1 September lalu. Beberapa stasiun lain akan menyusul untuk bersiaran dalam format ultra tinggi ini hingga 2020 mendatang.

Beginilah detik demi detik perdana siaran berformat 4K yang ditayangkan oleh NHK BS4K.

Tayangan berdefinisi ultra tinggi ini dapat disaksikan melalui televisi yang mendukung format 4K dan 8K, atau dapat ditangkap dengan tuner eksternal.

BACA JUGA :  Cosplayer Ini Dikritik Setelah Tampil Sebagai Sasha "Seksi"

Sumber: NHK World, BSCS4K8K

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×