Menu Tutup

Xiaomi MIUI 10 Dimodif, Dapat Dipasang di OnePlus 6T

Hai MedForians!

Sesuatu yang tidak terduga, antarmuka ponsel buatan Xiaomi kali ini dapat dipasang di OnePlus 6T!

Modifikasi

Ponsel premium dan sekaligus flagship, yaitu OnePlus 6 dan OnePlus 6T, sekarang dapat dipasang dengan antarmuka MIUI 10 buatan Xiaomi.

Tentunya hal ini hanya mungkin setelah antarmuka perangkat lunak tersebut di-“utak-atik” terlebih dahulu.

Dikutip dari KompasTekno, GSMArena, dan XDA Developers, dikatakan bahwa MIUI 10 hasil modifikasi ini dapat diinstall dalam bentuk custom ROM. Alhasil, hasil perangkat lunak tersebut bukanlah buatan resmi dari Xiaomi maupun OnePlus.

Perangkat lunak ini dimodifikasi oleh penguna senior XDA Developers dengan inisial ProtoDevNan0. Dia berhasil melakukan ini dengan mengadaptasikan dukungan sistem operasi Android 9.0 (Pie) pada perangkat berbasis MIUI versi 8.11.23.

Apabila pengguna ingin mencoba untuk memasang MIUI hasil modifikasi ini, maka sistem operasi asli yang terdapat pada OnePlus 6 dan OnePlus 6T, yaitu OxygenOS, akan hilang dan diganti oleh MIUI. Oleh karena itu, semua jenis data, mulai dari aplikasi, sistem, hingga data pribadi akan hilang jika belum dicadangkan ke tempat lain.

BACA JUGA :  Resmi, Begini Tampilan Baru Aplikasi Google Play Store!

Berhubung ini adalah sistem operasi yang tidak buat khusus untuk OnePlus, maka akan terdapat beberapa fitur yang tidak berfungsi. Bug tersebut terdapat pada NFC, Flash, MIUI Camera, Mi Account, Auto-rotate, dan beberapa bug minor lainnya.

Untuk bug terhadap kamera, pengguna dapat menggunakan aplikasi kamera lainnya, seperti Google Camera dan aplikasi lainnya.

Namun, semua fitur lainnya dapat bekerja dengan semestinya, seperti notifikasi, suara, dan beberapa fitur MIUI lainnya, seperti Mi AI dan Always-on-Display (AOD).

Instalasi

Untuk dapat memasang MIUI ke ponsel Oneplus 6 dan Oneplus 6T, terdapat beberapa syarat dan kondisi yang perlu dipastikan.

Pertama-tama, versi firmware yang terdapat pada ponsel tersebut harus memiliki versi 0B8. Kemudian, pengguna juga tentunya harus memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar dalam instalasi custom ROM, seperti unlock booloader, backup data, dan lain-lain.

Selain melakukan unlock bootloader, pengguna juga harus memasang custom recovery, yaitu TWRP (Team Win Recovery Project), untuk menginstall MIUI pada ponsel tersebut.

BACA JUGA :  Perkenalkan Logo Baru Android OS, Lambangkan Keterbukaan

Kemudian juga, beberapa aplikasi berkemungkinan tidak dapat berfungsi akibat unlocked bootloader, seperti Google Pay dan Netflix. Hal ini dikarenakan rentannya keamanan apabila dilakukan fungsi tersebut pada suatu ponsel Android.

Walaupun begitu, pengguna dapat memasang dan mencopot MIUI yang telah dirubah ini secara bebas dan tanpa biaya.

Bagaimana, MedForians? Ingin mencoba memasang sensasi Xiaomi di OnePlus? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×