Menu Tutup

Detik-Detik “Shutdown” Tayangan Analog di Singapura

Hai, MedForians!

Setelah diundur sehari, siaran televisi analog di Singapura telah dinonaktifkan sepenuhnya tepat pada pukul 00:20 waktu setempat (23:20 WIB). Setelah kesemua stasiun menayangkan programnya, pada layar muncul sebuah slide yang menjelaskan tentang cara menikmati program televisi di negeri singa tersebut, yakni melalui televisi digital dan Toggle, sebuah platform televisi daring yang dibuat oleh MediaCorp. Untuk beberapa stasiun seperti Suria, Channel 8, Vasantham, dan Channel U, penjelasan ini tertulis dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi dan bahasa-bahasa yang digunakan oleh stasiun tersebut (Suria berbahasa Melayu, Vasantham berbahasa Tamil, Channel 8 dan Channel U keduanya berbahasa Mandarin).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kronologi

Untuk beberapa saluran seperti Okto, setelah lagu kebangsaan saluran tersebut masih bertransmisi menunggu saluran lainnya yang masih menayangkan acaranya. Singapura seluruhnya beralih ke siaran digital setelah semua siaran selesai menayangkan programnya pada pukul 00:20 waktu setempat (23:20 WIB), dan mengucapkan selamat tinggal kepada siaran analog yang sudah menemani semenjak Singapura masih berada dibawah naungan Federasi Malaya pada 1963.

BACA JUGA :  Scrittor, Aplikasi Catatan Dengan Tampilan Ciamik! #REPLIKA

Beginilah tampillan setelah seluruh tayangan analog dinonaktifkan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sejarah Pertelevisian Singapura

Tayangan televisi di negeri singa dimulai pada 15 Februari 1963 saat Singapura masih dibawah naungan Federasi Malaya. Setelah merdeka dan berpisah dari Federasi Malaya pada 1965, Singapura beberapa kali membentuk hingga memindahkan program acara, bahkan merubah nama perusahaan. Sebelum 1980, namanya masih Radio Television Singapura mengikuti “saudara” nya, Radio Televisyen Malaysia. Pada 1980, berubah menjadi Singapore Broadcasting Corporation (SBC), dan kemudian berubah menjadi Television Corporation of Singapore pada 1994 hingga pada akhirnya menjadi MediaCorp pada 2001.

Berikut adalah kesemua saluran televisi di Singapura saat ini. Kesemuanya berada dibawah naungan MediaCorp.

  1. Suria (Siaran Berbahasa Melayu)
  2. Channel NewsAsia (Berita internasional, Acara Wisata, dan Dokumenter)
  3. Chanel 5 (Berita, Drama Seri, dan Film)
  4. Channel U (Siaran berbahasa Mandarin)
  5. Channel 8 (Siaran berbahasa Mandarin)
  6. Vasantham (Siaran berbahasa tamil)
  7. Okto (Olahraga, Seni, dan Hiburan)
BACA JUGA :  Inilah Judul-Judul Game Baru yang Diumumkan di Nintendo Direct!

Kamu juga dapat melihat dokumentasi berupa video melalui laman YouTube berikut.

 

Baca Juga