Menu Tutup

[FOKUS] Mumkey Jones Vs YouTube. YouTube Sudah Tidak Aman Lagi?

Hai, MedForians!

YouTuber Mumkey Jones saat ini berada di dalam daftar hitam pihak YouTube. Content creator yang dikenal dengan video-video komedi satire yang dibumbui humor-humor dewasa sempat mendapat banyak perhatian komunitas YouTube setelah kedua channelnya di hapus YouTube dikarenakan keenam video yang dia buat mengandung unsur “hate speech” pada tanggal 11 Desember 2018 lalu.

Keenam video tersebut (salah satu dari keenam video tersebut bahkan di setting private sehingga tidak ada orang yang bisa menontonnya kecuali Mumkey sendiri) membahas soal kriminal bernama Elliot Rodger, seorang incel (kaum pembenci wanita) yang membunuh enam orang dalam aksi penikaman dan penembakan sebelum mengakhiri nyawanya sendiri di Isla Vista, California, pada Mei 2014.

Mumkey mulai dikenal dikalangan penonton YouTube setelah membuat berbagai macam video parodi dan satire yang mengkritis pandangan hidup dari Elliot Rodger. Menurut Mumkey, ia melakukan semua ini untuk mencegah munculnya kejadian yang sama, agar semua orang tidak memandang Elliot Rodger sebagai seorang “pahlawan” atau “role model”.

Lewat acara podcast The Dick Show, salah satu hostnya mengungkapkan bahwa dia tahu kenapa video-video yang dibuat Mumkey di pandang YouTube sebagai “hate speech” sampai-sampai kedua channelnya bisa di hapus; dia mengunjungi salah satu seminar dimana seorang feminis mengakui keenam video tersebut mendukung aksi yang dilakukan Elliot Rodger.

Mumkey sempat berkomunikasi dengan pihak YouTube di Twitter agar kedua channelnya bisa di aktifkan kembali. YouTube membalas mereka akan melakukan pemeriksaan ulang. Setelah memeriksa ulang mereka memutuskan bahwa keenam video tersebut termasuk “hate speech” dan menolak untuk mengaktifkan kembali kedua channel yang mereka hapus.

Pada tanggal 11 Januari 2019, Mumkey mengupload video terbarunya yang di upload oleh kekasihnya lewat channel bernama Jungle Jimmy.

BACA JUGA :  Redmi Akan Buat 2 Versi Smartphone Gaming

Dalam video yang berjudul “Jimmy’s Declassified YouTube Termination Guide” Mumkey mengkritisi sistem algoritma YouTube yang membuatnya kehilangan kedua channelnya, dan menjelaskan mengapa video-video yang dia buat tidak bisa dibilang “hate speech.” Dia juga berpesan kepada para penonton video untuk meng upload ulang video ini jika video ini dihapus YouTube, tujuannya agar YouTube bisa jadikan ini sebagai pelajaran untuk mengubah sistem algoritma mereka dan mengembalikan kedua channel Mumkey.

Sayangnya, YouTube melakukan hal yang lebih parah dari yang Mumkey duga.

Pada tanggal 13 Januari, channel Jungle Jimmy yang dibuat oleh kekasihnya di hapus oleh YouTube.

Tak hanya itu, channel podcast yang dibuat teman-teman Mumkey, “The State Of YouTube Podcast”, dicabut hak untuk memonetisasikan video-video yang mereka buat oleh YouTube. Kedua kasus ini memiliki kesamaan; kedua channel tersebut bukan milik Mumkey, tapi YouTube sengaja menyerang kedua channel ini hanya karena pemiliknya kenal dengan Mumkey.

Situasi ini semakin parah, hingga kini dia mencoba meminta pertolongan dari Keemstar untuk mencoba meyakinkan YouTube untuk mengatasi masalah ini.

Situasi Mumkey Jones ini seperti halnya kasus YouTube Rewind 2018, sekali lagi menunjukan masalah terbesar yang kini sedang di alami oleh YouTube; YouTube yang Tak Lagi Untuk “You”.

BACA JUGA :  Kill la Kill: IF Dipastikan Tidak Disensor di Konsol Manapun

Semua kembali lagi ke satu sebab, demi pendapatan dari iklan. Karena fokus YouTube bukan lagi sekedar menjadi situs berbagi video. Hubungan antara pihak YouTube dan kreator yang semakin renggang, ditambah lagi demonetisasi yang besar-besaran dan berbagai kebijakan lainnya juga cukup membuat kreator “kesakitan”.

Inilah sesuatu yang salah dari YouTube dan harus segera diperbaiki agar YouTube menjadi komunitas yang lebih baik lagi, dan kembali mendapatkan loyalitasnya baik dari kreator ataupun penonton.

Bagi MedForians yang penasaran dengan konten-konten yang dibuat oleh Mumkey, banyak videonya yang diupload ulang oleh berbagai channel sehingga bisa MedForians tonton.

Jika MedForians menyukai konten Mumkey Jones dan ingin memberinya dukungan, kini dia aktif di akun-akun berikut:
Mumkey’s Patreon: https://www.patreon.com/mumkey
Mumkey’s Twitch: https://www.twitch.tv/mumkeyjones
Mumkey’s Website: http://mumkeyjones.tv/
Jimmy’s Twitter: https://twitter.com/VincentHatesGod

Dan jika MedForians mau ikut serta dalam meng upload ulang video terakhir Mumkey bisa mendownload videonya, deskripsi video, dan thumbnailnya di link ini. Jika download limit videonya sudah penuh, MedForians bisa mendownload videonya lewat upload ulang dari channel lain dan menggunakan situs-situs khusus download video YouTube yang sering MedForians pakai:
https://drive.google.com/drive/mobile/folders/1AzAUTjnfHT4FN83frPnsvUoIU8M89K9K?usp=drive_open

#SaveMumkey #JusticeForMumkey #PrayForMumkey

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×