Menu Tutup

[Liputan] Creativepreneur Corner 2019 Malang, Event Inspiratif Bagi Calon Enterpreneur

Hai, MedForians!
Berita liputan kali ini redaksi berkesempatan untuk menghadiri acara berjudul Creativepreneur Corner 2019 yang diadakan di Hall Hotel Harris, Malang, Sabtu (26/1). Creativepreneur Corner di Malang sendiri menghadirkan sejumah pembicara terkenal, seperti CEO Creativepreneur Event Creator Putri Tanjung, Chairman of CT Corp Chairul Tanjung, Creativepreneur Raditya Dika, Celebrity & Conten Creator Deddy Corbusier, CMO Tiket.com Gaery Undarsa, dan CEO of Ruangguru Belva Devara.

Acara Creativepreneur Corner 2019 dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga selesai pukul 17.30 WIB. Namun, pada waktu 07.30 WIB, telah dibuka loket penukaran e-Voucher bagi yang sudah membeli melalui online di situs tiket.com maupun dibukanya ticket box untuk melayani penjualan tiket on the spot. Tiket ini sendiri sudah dinyatakan terjual habis sebanyak 2000 lembar, dengan rincian 1600 tiket yang dijual secara online telah habis terjual dalam waktu beberapa hari saja. Bahkan, bagi pengunjung yang kehabisan tiket pada akhirnya dipersilahkan untuk ikut hadir di acara tersebut, namun dengan duduk lesehan.

Acara Creativepreneur Corner 2019 Malang mengusung tema ‘future’. Diharapkan anak muda yang hadir dalam acara dapat mempersiapkan masa depannya sebagai seorang enterpreneur dan pemimpin.

Acara ini dibuka oleh narasumber pertama dari CEO of Ruangguru, Belva Devara. Devara yang merupakan lulusan Harvard University dan Stanford University menyampaikan bagaimana dirinya mendirikan Ruangguru, dan suka duka dalam merintis usahanya.

Devara juga menyampaikan bagaimana posisi kualitas pendidikan Indonesia diukur dari usia 15 tahun. Dibandingkan negara lain, Indonesia menduduki rangking kedua terbawah.

Setelah Devara, berganti CMO Tiket.com Gaery Undarsa menuturkan perjalanan karirnya. Gaery mengutarakan bahwa ia nekat balik ke Indonesia dari Kanada di tahun 2010, sebelum membuka platform tiket.com. Dirinya melepas pekerjaannya sebagai karyawan di IBM untuk kembali ke Indonesia. Ia kemudian memiliki ide untuk membuka penjualan tiket secara online, dimana di saat itu masih banyak pesaing dari travel agent. Berkat ide itu, ia dan teman-temannya nekat untuk merintis tiket.com, hingga rela untuk mengajukan kredit tanpa agunan senilai 300 juta.

BACA JUGA :  Hari Pers Nasional, Jokowi Terima Medali Kemerdekaan Pers

Sesi kemudian berlanjut dengan narasumber ketiga, yakni CEO Creativepreneur Event Creator, Putri Tanjung. Anak dari pengusaha terkenal Chairul Tanjung ini sempat menangis ketika mengetahui antusiasme peserta yang membludak di event ini. Ia merasa takjub ketika mendengar salah satu peserta sudah rela mengantre sejak subuh. Ada juga peserta yang datang dari Solo dengan menaiki motor. Bahkan, ada juga peserta yang jauh-jauh dari Bali.

Putri kemudian menceritakan pengalamannya merintis usaha di usia 17 tahun sebagai event planner kecil-kecilan. Meski merupakan anak dari pengusaha terkenal, namun dalam menjalankan usahanya, ia sama sekali tidak dibantu modal oleh orang tuanya. Usahanya dahulu juga sempat dipandang rendah oleh sebuah perusahaan besar, namun perusahaan besar tersebut kini justru menjadi klien utamanya.

Ia sempat menjelaskan terkait perbandingan generasi milenial dengan Baby Boomers. Satu panggung dengan ayahnya, ia membeberkan bahwa Millenial punya semangat yang luar biasa, rasa ingin tahu cukup besar menjadi kekuatan mereka. Milenial sangat berbeda dengan generasi ayahnya yang takut berinovasi, akan tetapi memiliki pengalaman cukup banyak dengan jam terbang melebihi millenial. Ia merasa jika dua generasi ini berkolaborasi, maka akan menjadi hal yang sangat luar biasa.

Setelah Putri, Chairul Tanjung menceritakan pengalamannya ketika muda, ia bisa melihat peluang sekaligus menangkap peluang dari hal kecil, seperti menjual fotocopy buku diktat ajar dari fakultas Kedokteran Gigi tempat dia kuliah dulu. Berkat itu, ia bisa meraih untung tanpa mengeluarkan modal banyak.

BACA JUGA :  Helmy Yahya: Insya Allah TVRI Ganti Logo Maret Ini

Ia juga sempat mengutarakan bahwa hingga sekarang, ia masih bekerja selama 16-18 jam sehari, jauh lebih banyak dibandingkan pekerja normal yang bekerja selama 8 jam sehari.

Selain acara talkshow, event Creativepreneur Corner 2019 ini juga menghadirkan berbagai macam stand menarik, mulai stand milik sponsor, stand industri kreatif, maupun stand penjual makanan dan minuman. Tak hanya itu, setelah sesi talkshow, ada sesi khusus untuk bisa bertemu dengan Putri Tanjung bagi 20 pengguna aplikasi tiket.com tercepat dan terbatas.

Malang merupakan kota kedua digelarnya Creativepreneur Corner 2019. Acara yang sama sebelumnya sukses digelar di Medan pada Sabtu, (19/1) lalu. Makassar akan menyusul sebagai kota ketiga pada 2 Februari mendatang.

Sebagai penutup, redaksi akan menutup artikel ini dengan serangkaian quotes dari para narasumber, yang diambil dari ig creativepreneur.