PlayStation 5 Diprediksi Jauh Lebih Kuat Daripada Pendahulunya

Teknologi 2 Jan 2019

Hai, MedForians!
Berita terbaru hadir dari konsol game terbaru Sony, PlayStation 5. Salah satu analis industri menyebutkan bahwa PlayStation 5 atau PS5, disinyalir bakal bisa mendukung game yang dapat dimainkan dengan frame rate 240 FPS (frame per detik) di resolusi 4K.

Kabar ini berasal dari Michael Patcher, seorang analis industri yang menaksir keberadaan generasi konsol selanjutnya dari Sony di tahun depan.

Dilansir dari KompasTekno, Patcher menyebutkan bahwa konsol Sony selanjutnya boleh jadi dilengkapi dengan sejumlah fitur mumpuni, seperti gameplay hingga 240 FPS dan kemampuan memainkan game virtual reality (VR). Alhasil, selain gambarnya terlihat tajam, juga gerakan aneka animasi dalam game pun akan sangat mulus dengan frame rate setinggi itu.

“Menurut saya, mereka (Sony) mungkin akan menciptakan perangkat yang mendukung output hingga 240 FPS di resolusi 4K dan mendukung PSVR,” kata Michael Patcher.

Dengan kata lain, Patcher memprediksi PS5 bakal memiliki kemampuan yang jauh lebih bertenaga dibandingkan PS4 versi Pro saat ini. PS4 Pro bisa menjalankan game hingga resolusi 4K, tapi dengan frame rate mentok di angka 30 FPS sehingga animasi gerakan tampak tak terlalu mulus. Beberapa game yang dimainkan di resolusi di 4K pada PS4 Pro juga kebanyakan hanya versi upscale yang didongkrak dari resolusi awalnya di 1080p.

Rumor lain yang beredar mengatakan bahwa PS5 belum akan hadir dalam waktu dekat. Kemungkinan sang penerus PS4 ini baru bakal dirilis menjelang akhir 2019 atau 2020.

Selain PS5, Patcher juga memprediksi bahwa Sony akan melepas konsol lain yang difokuskan untuk menjalankan game lewat streaming dan dibanderol dengan harga jauh lebih murah. Ia mengatakan strategi serupa juga akan dilakukan oleh rival Sony, Microsoft, dengan lini konsol Xbox besutannya. Isu yang berkembang menyebutkan bahwa Microsoft kemungkinan akan merilis Xbox 2 dalam waktu dekat.

“Saya pikir akan ada perangkat streaming, seperti konsel Xbox seharga 100 dollar AS yang tak punya kemampuan 4K atau 240 FPS. Lalu bakal ada konsol 400 dollar AS yang mendukung 4K, 240 FPS, dan VR,” ujarnya.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.