Program Berita NET. Angkat Topik Fujoshi, Warganet 'Wibu' Geger!

Media 21 Jan 2019

Hai, MedForians!

Warganet penyuka jejepangan, digegerkan oleh kabar mengenai NET yang mengangkat topik mengenai Fujoshi.

Kelompok warganet yang kerap kali disebut dengan istilah wibu atau otaku ini menganggap pengangkatan topik ini hanya akan mengganggu hobi mereka.

Beberapa warganet mengunggah tangkapan layar NET di akun Facebook milik mereka.

This slideshow requires JavaScript.

Bukan hanya di Facebook, warganet juga ramai membahas ini di linimasa Twitter.

Lalu, apa sebenarnya fujoshi tersebut?

Fujoshi (腐女子, lit. “wanita/gadis busuk”) adalah istilah berbahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut penggemar wanita manga dan novel yang menampilkan hubungan romantis antara laki-laki, baik itu bergenre Boys’ Love, atau bahkan Yaoi. Selain fujoshi, ada juga Fudanshi, yakni istilah untuk laki-laki yang juga menyukainya.

Apa perbedaan antara keduanya? Boys’ Love atau Shonen-ai adalah genre anime atau manga yang bertemakan  hubungan antar laki-laki, namun tidak sampai tahap seksual, atau bisa juga disebut BL (Boys Love).

Sedangkan YAOI(Yama-nashi Ochi-nasi Imi-nashi), adalah genre bertemakan hubungan antar laki-laki yang berakhir dengan hubungan seksual.

Ada satu lagi, yakni bromance. Genre ini juga diminati oleh mereka. Bromance bukanlah hubungan antar laki-laki dalam konteks romansa, namun masih hubungan sesama laki-laki yang wajar.

Bromance(brother-romance), adalah hubungan persahabatan antar cowok yang sangat intim malah saking intimnya menyerupai hubungan saudara sedarah padahal tidak.

Fujoshi bukanlah sebuah genre, namun itu adalah sebuah istilah yang ‘menyindir’ pecinta hubungan sesama laki-laki yang dianggap tidak wajar.

Banyak yang menyayangkan jika topik tersebut masuk media massa karena banyak yang khawatir kejadian seperti di Comic Frontier 11 lalu terulang kembali.

Akankah kontroversi ini dapat berakhir?

Berikut rekaman dari program Good Afternoon yang membahas mengenai topik ini, diambil dari laman Twitter.

Selain di program Good Afternoon, sebelumnya pembahasan ini juga tayang di Net 12. Berikut cuplikannya.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.