Steam Hentikan Dukungan Untuk Windows XP dan Vista

Gaming 7 Jan 2019

Hai MedForians!

Baru-baru ini Valve selaku pemilik market gaming digital terbesar di dunia yang pastinya dikenal dengan nama Steam, telah mengakhiri dukungan teknis untuk Windows XP dan Windows Vista.

Valve sempat menjelaskan bahwa versi terbaru Steam yang mengandalkan fitur-fitur terkini Google Chrome kini tidak lagi berfungsi pada Windows versi lama dibawah Windows 7. Selain itu, versi Steam di masa mendatang akan memerlukan fitur Windows dan pembaruan keamanan hanya ada di Windows 7 dan versi yang diatasnya.

Namun Steam akan terus berjalan dan meluncurkan game di Windows XP dan Windows Vista, tetapi fungsi lain di Steam akan terbatas. Misalnya, fitur baru seperti Steam Chat tidak akan tersedia. Steam mendorong semua pengguna pada sistem operasi ini untuk meningkatkan ke versi Windows yang lebih baru untuk memiliki akses berkelanjutan ke fitur-fitur terbaru Steam, dan untuk memastikan akses di masa depan ke semua game dan konten Steam lainnya.

Menariknya, Valve boleh dikatakan sebagai salah satu penyedia platform game yang paling terakhir menutup dukungan terhadap sistem operasi jadul. Blizzard telah melakukannya di tahun 2017 untuk Battle.net mereka. Namun mungkin berakhirnya dukungan Steam terhadap Windows XP dan Vista tak akan membuat banyak orang sedih. Dari total pengguna Steam, hanya ada 0,11 persen pemakai Windows XP dan jumlahnya terus merosot. Pengguna Windows Vista bahkan lebih sedikit lagi, angkanya tidak masuk dalam survei hardware.

Bagi gamer pada umumnya, hanya ada sedikit alasan buat tetap bertahan menggunakan Windows XP dan Vista karena hampir seluruh permainan modern – dengan daftar kebutuhan hardware paling rendah sekalipun – minimal menyarankan Windows 7.

Tag

Muhammad Luthfi

Something Inspirational