2020, Sistem WhatsApp, Instagram, dan Messenger Bakal Digabung

Teknologi 2 Feb 2019

Hai, MedForians!
Berita terbaru hadir dari jejaring media sosial WhatsApp, Instagram, dan Messenger. Pemilik tiga media sosial tersebut, yang juga pendiri Facebook, Mark Zuckerberg Facebook diketahui memiliki rencana untuk menggabungkan ketiga medsos tersebut menjadi platform terpadu (unified platform).

Ada beberapa keuntungan dari kombinasi tersebut. Salah satunya soal keamanan yang bakal lebih terjamin berkat ekspansi enkripsi end-to-end dari satu platform ke platform lainnya.

Contoh sederhananya, pengguna Messenger bisa mengirim pesan yang terenkripsi ke pengguna WhatsApp atau Instagram.

Kendati begitu, penggabungan sistem backend tiga platform tersebut belum dimatangkan. Dilansir dari Kompas Tekno, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, memperkirakan realisasinya bakal terwujud sekitar tahun 2020 mendatang.

“Banyak hal yang perlu kami selesaikan sebelum finalisasi rencana ini. Tentu saja ini akan jadi proyek jangka panjang, mungkin baru terlihat pada 2020 atau setelahnya,” kata dia dalam sebuah conference call, usai mengumumkan laporan keuangan Facebook untuk kuartal-IV 2018, Jumat (1/2).

Zuckerberg mengakui belum mengetahui secara pasti akan seperti apa mekanisme unified platform tersebut. Menurut dia, timnya perlu meriset lebih dalam tentang apakah metode ini bakal berhasil, bagaimana reaksi para regulator, serta infrastruktur seperti apa yang dibutuhkan.

Yang jelas, Mark Zuckerberg meyakini enkripsi end-to-end adalah metode mendasar dan harga mati untuk menjamin keamanan pengguna ketika berkomunikasi di ranah maya.

“Pengguna sangat menyukai enkripsi end-to-end di WhatsApp. Karena itu saya rasa harus diekspansi lebih jauh ke depannya,” tuturnya.

Selain soal keamanan, pengalaman komunikasi lintas layanan pun dinilai akan semakin mudah dengan konsep unified platform. Sebagai contoh ketika seseorang memanfaatkan marketplace di Facebook, lantas perlu menggunakan WhatsApp pada saat bersamaan untuk berkomunikasi personal.

Ada juga peluang platform hasil gabungan Messenger, WhatsApp, dan Instagram ini bisa digunakan sebagai “layer” SMS yang memiliki banyak fungsi tambahan dan lebih aman, mirip iMessage besutan Apple.

Sumber: Kompas Tekno

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.