2,2 Miliar Password e-Mail Bocor, Begini Cara Mengeceknya!

Teknologi 6 Feb 2019

Hai, MedForians!
Berita terbaru hadir dari insiden kebocoran data yang kembali terjadi. Kali ini sebanyak 2,2 miliar alamat dan password e-mail dicuri dan beredar di dunia maya.

Kasus ini menjadi yang terparah kedua setelah bocornya akun e-mail Yahoo pada 2013 lalu. Insiden ini juga menjadi kelanjutan dari kasus “Collection #1” yang terjadi pada pertengahan Januari lalu, dimana data 773 juta alamat e-mail dan password dipastikan bocor.

Dilansir dari Kompas Tekno, insiden kebocoran ratusan juta alamat e-mail yang bocor itu disebut sebagai “Collection #1”, sesuai dengan nama root folder yang memuat seluruh data tersebut. Ternyata selain Collection #1, masih ada root folder lain yakni Collection #2 hingga Collection #5.

Root folder inilah yang kemudian ditemukan peneliti dari di Hasso Plattner Institute. Mereka melaporkan telah menemukan bahwa 611 juta kredensial dalam folder Collections #2 hingga Collections #5.

Dengan demikian, temuan ini membuat jumlah alamat e-mail dan password yang bocor bertambah signifikan menjadi sekitar 2,19 miliar akun. Kebocoran data ini merupakan yang terbesar setelah kejadian peretasan Yahoo pada 2013, yang menimpa hampir tiga miliar akun.

Untuk bisa mengecek apakah password e-mail MedForians bocor atau tidak, Hasso Plattner Institute juga menyediakan sebuah halaman khusus untuk memeriksa apakah akun e-mail MedForians ikut dicuri atau tidak.

Untuk memeriksanya, MedForians cukup masuk ke halaman Identity Leak Checker yang sudah terintegrasi dengan sistem keamanan Hasso Platter Institute.

Tampilan Identity Leak Checker

Cara mengeceknya cukup mudah, MedForians tinggal memasukkan alamat e-mail yang ingin dicek pada kolom. Kemudian, MedForians tinggal mengklik tombol “check e-mail addres”.

Hasil pengecekan data apakah e-mail password bocor atau tidak

 

Secara otomatis, halaman ini akan menelusuri database yang ada dan memberi informasi apakah alamat e-mail yang dituliskan terdampak kebocoran ini atau tidak. Hasil penelusuran halaman ini akan dikirimkan melalui e-mail pada alamat yang dituliskan.

Jika kemudian alamat e-mail diketahui terkena dampak kebocoran data ini, maka MedForians sangat disarankan untuk segera mengganti password dengan karakter yang unik dan mengaktifkan two-factor authentication untuk meningkatkan keamanan.

Sumber: Kompas Tekno

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.