Menu Tutup

[Liputan] Comic Frontier 12 | Tempat Khilaf Karya Orisinal!

Comic Frontier 12 | Tempat Khilaf Karya Orisinal!

Hai, MedForians!

Kali ini tim Media Formasi akan meliput salah satu acara “jejepangan” yang kalian wajib datangi!

Apa itu Comic Frontier?

Comic Frontier, atau lebih dikenal sebagai Comifuro atau CF, adalah acara eksibisi yang menjadi tempat bagi pembuat karya untuk menyalurkan minat dan bakat pada masyarakat umum.

Disini para kreator kreatif dapat memperlihatkan dan menjual karya-karya mereka. Karya tersebut dapat meliputi karya orisinil, fanart, hingga karya lisensi.

Karya tersebut juga beraneka macam, mulai dari karya-karya budaya Jepang, Korea, hingga komik dan karya asli Indonesia.

Pertama kali digelar pada tahun 2012 bersama Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI), Comic Frontier setiap tahun terus berkembang menjadi acara yang lebih besar dan menampung lebih banyak karya.

Kali ini, Comic Frontier yang ke-12 dilaksanakan pada tanggal 23-24 Februari 2019 di Balai Kartini Kartika Expo Center, Jakarta.

Selain menjadi tempat untuk jual-beli karya kreatif, terdapat juga berbagai guest star dan special performance, seperti presentasi spesial dari Ponimu, Live Drawing, Talkshow, hingga penampilan salah satunya dari Nanairo Symphony dan Vibertronic.

Bagi kalian yang ingin ke acara tersebut, kalian harus membeli tiket yang berlaku untuk satu hari seharga Rp.30.000,-. Terdapat juga paket bundle seharga Rp.65.000,- dengan tambahan official gift bag, poster, dan floor map.

Pada kesempatan ini, tim Media Formasi mendatangi acara Comic Frontier 12 pada Day 1, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Februari 2019.

Keadaan Lokasi

Para pengunjung sudah mulai dapat membeli tiket dari pagi, dan menjelang siang, semakin banyak pengunjung yang berdatangan.

Lokasi terlihat paling ramai pada saat siang hari, yang dimana terlihat banyak pengunjung yang mengantri di loket tiket serta pintu masuk.

Pengunjung juga tetap berdatangan bahkan hingga menjelang sore hari.

IMG-20190223-110718

Penampakan Itasha di area parkir

Terlihat juga berbagai macam kendaraan yang sudah dimodifikasi dengan gambar-gambar anime (Itasha) yang berada di pintu masuk utama Balai Kartini.

BACA JUGA :  [#MiraTalks] Yuk Simak Perjalanan Mira ke Comifuro 13!

Saat masuk dalam ruangan, dapat terlihat dengan jelas pembagian tempat untuk stan yang ada.

floor-map-cfxii

Floor Map Comic Frontier 12 (comifuro.net)

Sesuai dengan layout map yang dilampirkan, dapat dilihat bahwa bagian kiri venue akan diisi oleh berbagai circle yang akan memamerkan karyanya. Sedangkan, venue sebelah kanan akan diisi oleh stan korporat dan menampung main stage.

Salah satu stan korporat tersebut adalah Kyou Hobby Shop. Mereka menyediakan berbagai merchandise untuk “khilaf”, terutama dengan deretan Action Figure yang terlampaui murah.

IMG-4138

Action Figure Love Live! dengan Harga dibawah Rp.200.000,-

Menuju main stage, pengunjung dapat melihat berbagai macam presentasi dari guest star dan pihak lain yang diundang, seperti Talkshow dan Live Drawing oleh Is Yuniarto.

IMG-4144

Mascot Drawing Workshop by Ikuzo

Venue sebelah kanan ini jika dilihat relatif lebih sepi dan renggang dibandingkan bagian circle, sehingga bagi kalian yang membutuhkan udara segar atau ruang gerak, kalian bisa mengungsi dulu ke area ini.

Pada bagian circle, tentunya disini sangat dipadati oleh pengunjung. Banyak sekali orang-orang yang melewati jalan yang menjadi sempit karena banyaknya orang.

IMG-20190223-115001

Salah satu merchandise yang dijual di Comic Frontier 12

Selain merchandise ala Jepang, kalian juga dapat menemukan karya-karya fandom Korea, seperti fanart EXO, dan lain-lain.

Tentunya terdapat karya-karya bergenre lain yang diminati sebagian orang, seperti Furry, Yuri, dan Yaoi.

Berhubung banyaknya pengunjung yang datang, tentunya kita harus menjaga barang bawaan masing-masing. Terdapat kabar bahwa pada hari pertama berlangsungnya Comic Frontier, sudah ada sekitar 21 HP yang hilang.

Keadaan Sekitar

IMG-4170

Situasi di luar ruangan Comic Frontier 12 (1)

Keluar dari venue, kalian masih dapat melihat kepadatan pengunjung yang berjalan-jalan di area sekitar.

BACA JUGA :  [Liputan] Yuk, Intip Keseruan BBunkasai Malang 2019!

Terdapat stan-stan yang menjual makanan dan minuman di sebelah kiri venue jika anda dari dalam ruangan dan keluar di pintu keluar.

Banyak juga cosplayer yang berjalan-jalan, berbincang, dan berfoto bersama, baik dengan pengunjung, komunitas, atau sesama cosplayer.

Comic Frontier juga menjadi tempat bagi berbagai komunitas untuk melakukan meetup dengan anggotanya.

Terdapat juga beberapa pengunjung yang menggunakan Fursuit dan saling berbincang. Tentunya mereka juga menjadi target untuk berfoto oleh para pengunjung lainnya.

Kemudian, area lebih terasa sepi saat acara sudah mendekati pukul 17.00 WIB. Ditambah juga dengan cuaca yang menandakan akan segera hujan, banyak pengunjung mulai meninggalkan area ini dengan bawaan “khilafan” mereka.

Comic Frontier pada hari pertama resmi ditutup pada pukul 18.00 WIB, serta pintu masuk dan pintu keluar dikunci oleh panitia. Masih terlihat beberapa pengunjung yang menetap dan saling berbincang.

IMG-20190223-114853

Umaru-chan terkurung >_<

Acara pada hari ini diakhiri dengan keadaan hujan, dan lokasi sudah terlihat sepi pada pukul 19.00 WIB.

Begitulah situasi Comic Frontier 12 pada hari pertama berlangsung!

Comic Frontier masih akan berlangsung hingga esok hari, yaitu Minggu, 24 Februari 2019.

Untuk kalian yang ketinggalan acara ini, nantikan Comic Frontier 13 yang akan dilaksanakan menjelang akhir tahun 2019! Sampai bertemu lagi!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×