Menu Tutup

Hari Pers Nasional, Jokowi Terima Medali Kemerdekaan Pers

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari acara perayaan Hari Pers Nasional. Presiden Joko Widodo menerima anugerah medali kemerdekaan pers pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya, Sabtu (9/2).

Dilansir dari iNews, Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo mengatakan bahwa medali Kemerdekaan Pers itu diberikan Dewan Pers sebagai apresiasi kepada Presiden karena berperan besar di dunia pers.

“Kami ucapkan selamat dan penganugerahan ini merupakan bagian dari apresiasi kepada Presiden yang sangat berperan di dunia pers selama ini,” ujar Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo, saat menyerahkan medali tersebut kepada Presiden.

Presiden Jokowi yang menerima penghargaan mengaku bangga. Pemerintah selama ini menjamin kemerdekaan dan kebebasan pers, termasuk menerima segala kritik konstruktif sebagai bentuk kontrol sosial.

“Saya juga mengajak pers terus meneguhkan jati dirinya sebagai sumber informasi yang akurat dan terpercaya, serta tetap mengedukasi masyarakat,” katanya.

BACA JUGA :  Hary Tanoe Siap Berkongsi Dengan Vivendi

Di sisi lain, dilansir dari Kompas, Margiono selaku Penanggung Jawab HPN 2019, mengatakan, penghargaan medali kepada pejabat tertinggi di negara ini yang dianggap tidak pernah mencederai kebebasan pers.

“Sehingga kemerdekaan pers di Indonesia tetap sehat dan positif untuk masa depan yang lebih baik di negeri ini,” kata Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia ini.

Namun, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya Miftah Faridl berpendapat lain. Dirinya mengaku kalau ia tidak sepakat terhadap pemberian medali Kebebasan Pers tersebut.

“Parameter penghargaannya kurang jelas karena selama Jokowi memimpin, kekerasan terhadap jurnalis masih ditemukan di sejumlah daerah. Kriminalisasi jurnalis dengan Undang-Undang ITE juga masih banyak terjadi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga memberikan beberapa penghargaan kepada sejumlah pejabat negara, di antaranya Digital Award kepada Menteri Pariwisata Arif Yahya dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Penghargaan lainnya yakni Anugerah Kepedulian Pers kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Sementara itu, penghargaan Anugerah Perintis Pers kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Warta Bhakti Utama Kepada Ketua Dewan Perwakilan Daerah Oesman Sapta Odang.

BACA JUGA :  Princess Megonondo Didaulat Sebagai Miss Indonesia 2019

Sumber: Kompas.com, iNews.id

Baca Juga