Menu Tutup

Ini Daftar Smartphone dengan Radiasi Tertinggi dan Terendah!

Hai, MedForians!
Berita terbaru hadir dari penelitian untuk mengukur tingkat radiasi smartphone yang dilakukan di Jerman.

Dilansir dari Kompas Tekno, penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga federal bernama German Federal Office for Radiation Protection (Bundesamt für Strahlenschutz), berusaha untuk menemukan emisi ponsel yang memiliki tingkat radiasi tinggi dan rendah.

Untuk mengukur besar radiasi tersebut, mereka menggunakan unit pengukuran yang dikenal sebagai Angka Absorpsi Spesifik atau SAR. Berdasarkan pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Lantas, data-data penelitian tersebut disusun oleh firma marketing online, Statista yang membuat daftar urutan ponsel mana saja yang memiliki emisi radiasi tinggi dan rendah.

Penasaran siapa saja ponsel yang memiliki radiasi tertinggi dan terendah?
Berikut ulasannya:

Dimulai dari jajaran ponsel dengan radiasi terendah. Dari hasil penelitian yang dilakukan, sebagian besar ponsel dengan radiasi rendah dimiliki oleh perangkat besutan Samsung. Selebihnya, diisi oleh ponsel Motorola, ZTE, dan LG.

Emisi radiasi paling rendah dinobatkan kepada Galaxy Note 8 yang memiliki tingkat penyerapan 0,17 watt per kilogram, ketika menempatkan ponsel langsung ke telinga tanpa aksesori perantara. Hasil yang sama juga didapatkan oleh perangkat ZTE Axon Elite.

Dari 16 daftar ponsel dengan emisi rendah, separuhnya dihuni oleh Samsung. Selain Galaxy Note 8, mereka adalah Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, Galaxy S7 Edge, Galaxy S9 Plus, Galaxy J6 Plus, Galaxy J4 Plus, dan Galaxy S8.

Daftar ponsel dengan emisi radiasi terendah

Sedangkan penelitian terkait ponsel yang memiliki radiasi tertinggi menunjukkan hasil yang berbeda. Pesaing Samsung, Apple justru masuk ke dalam daftar ponsel dengan radiasi tertinggi.

Dua ponsel iPhone, iPhone 7 memiliki tingkat radiasi 1,38 watt per kilogram dan iPhone 8 yang memiliki tingkat radiasi 1,32 watt per kilogram. Selain iPhone, Google juga mengirim dua perwakilannya ke dalam daftar jajaran ponsel radiasi tertinggi, yakni Google Pixel 3 XL, dan Pixel 3 reguler.

Daftar ponsel dengan emisi radiasi tertinggi

Daftar smartphone dengan radiasi tertinggi didominasi smartphone pabrikan asal China, OnePlus dan Xiaomi, dengan masing-masing mengirim empat merk ponselnya.

Mi A1 menjadi ponsel dengan radiasi paling tinggi (1,75 watt per kilogram), Diikuti OnePlus 5T, kemudian Mi Max 3, OnePlus 6T, dan HTC U12 Life di lima besar teratas.

Ponsel dengan emisi radiasi rendah  tersebut berada dalam level aman jika angka SAR yang dihasilkan berada di bawah 0,60 W/kg. Sedangkan ponsel dengan emisi radiasi tinggi memiliki angkat dial atas 0,60 W/kg.

Sumber: Kompas Tekno, Beeb.om/statista

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×