Menu Tutup

Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Jaga Saat Mengunjungi Comifuro

Hai, MedForians!

Gelaran Comic Frontier sudah di depan mata. Para kreator dan lingkarya kreatif dari seluruh Indonesia berkumpul untuk menjajakan merchandise mereka. Cosplayer dan bintang tamu juga turut meramaikan acara ini. Tentunya event yang juga disebut dengan Comifuro ini menjadi incaran para Japanofilia seluruh Indonesia.

Nah, untuk MedForians yang hendak mengunjungi event yang diadakan 2x setahun ini, ada beberapa hal yang harus kamu jaga saat berada di lokasi. Bukan hal sepele. ini penting demi keselamatan dan kenyamanan bersama loh! Apa saja? Mari simak!

1. Jaga Ponselmu

Megahnya Balai Kartini bukan menjadi alasan kamu bisa bebas dari yang namanya pencopetan. Tahun lalu, setidaknya 14 ponsel dikabarkan hilang pada gelaran ini.

Nah, untuk mencegahnya, Media Formasi punya beberapa tips untuk menjaga ponselmu.

  1. Pastikan kamu telah mengonfigurasi fitur “Temukan Ponsel” di perangkatmu.
  2. Awasi selalu ponselmu, sebusa mungkin jangan biarkan ponsel berada di saku celana tanpa pengawasan.
  3. Untuk penjual: Jangan letakkan ponsel di meja tempat kamu berjualan tanpa pengawasan.
  4. Gunakan headset di satu telinga saja, dan putar musik di ponselmu saat berada di event. Ini adalah trik agar kamu dapat mengetahui jika ponselmu masih ada.

2. Jaga Sikap

Unggah-ungguh dalam bertatakrama juga harus kamu jaga selama berada di Comifuro. Kamu bebas untuk berbincang atau bercengkrama dengan teman satu hobi kamu. Namun, pastikan kamu tetap menjunjung tinggi norma kesopanan dan kesusilaan, ya!

BACA JUGA :  [Liputan] Harumatsuri 14 - "Ngewibu" di Jakarta Timur!

3. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Pernah mendengar istilah “Wibu Bau Bawang”? Istilah yang dicetuskan oleh Ericko Lim ini adalah pukulan bagi para japanofilia yang kurang menjaga kebersihan diri mereka saat berada di event seperti ini.

Jelas, di gelaran dengan pengunjung yang ramai pastilah kondisi ruangan akan terasa sumpek dan gerah. Keringat tentu akan bercucuran. Oleh karenanya, sebelum pergi pastikan kamu telah mempersiapkan kebersihan diri kamu.

Jangan lupa gunakan parfum atau deodoran setelah mandi. Bawa parfum kamu jika punya, atau bawa handuk kecil yang bersih untuk mengelap keringatmu.

Dengan begitu, kamu takkan dicaci “bau bawang” lagi, deh!

4. Jaga Dompet

Keamanan dompet dan isinya juga harus tetap kamu jaga, ya. Pastikan kamu tidak meletakkan dompet kamu secara sembarangan. Awasi selalu dompet kamu jika kamu meletakkan di saku celana. Sebisa mungkin jangan letakkan di saku bagian belakang atau di tempat yang mudah dijangkau pencopet.

Bukan hanya keamanan dompetnya saja, isi dompet kamu juga harus diperhatikan. Pastikan untuk menyisihkan lima hingga sepuluh persen dari uang yang kamu bawa untuk keperluan mendadak. Pastikan budget kamu juga sudah diatur untuk pengeluaran makan dan transportasi.

BACA JUGA :  Kei Takebuchi Hadir sebagai Guest Star Gelar Jepang UI 2019

5. Jaga Diri dan Teman-Teman

Jika kamu datang ke acara ini sendirian, kamu sudah harus bisa mawas diri. Jangan terlena dengan kemeriahan acara sampai kamu lupa diri.

Jika kamu datang bersama teman-temanmu, selalu jaga teman-teman kamu. Jangan sampai kamu dan temanmu terpisah dalam waktu yang lama. Pastikan ponsel kalian tetap aktif dan dapat dihubungi agar tetap bisa berkomunikasi.

…And You’re Ready!

Jika kamu sudah siap dengan kelima hal di atas, maka kamu bisa menikmati event Comifuro secara maksimal! Selamat bersenang-senang di sana!

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×