Inilah Ponsel dengan 5 Kamera, Nokia 9 PureView!

Teknologi 25 Feb 2019

Hai, MedForians!

Setelah sebelumnya pernah bocor, akhirnya pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol, HMD Global merilis Nokia 9 PureView. Hal yang mencolok dari Nokia 9 PureView yaitu ponsel ini memiliki 5 kamera utama, dimana kompetitornya hanya memiliki 3-4 kamera utama.

Spesifikasi Nokia 9 PureView

Sebelum kita melihat pengaturan kamera yang kita semua ada di sini, mari kita goreskan spesifikasi dasar dari Nokia 9 PureView.

Nokia 9 PureView menawarkan desain sandwich serba kaca, dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang. Nokia 9 menampilkan layar OLED plastik 2K 5,99 inci, dengan teknologi PureDisplay dari HMD Global yang terintegrasi ke dalamnya. Ini berarti Kamu akan mendapatkan warna-warna cerah dan memukau, tanpa lekukan atau lubang pukulan.

Nokia 9 PureView ditenagai oleh chipset Snapdragon 845 besutan tahun lalu, yang menjadi kekecewaan besar bagi sebagian orang, tetapi HMD Global menyanggah kekecewaan itu dengan mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan teknologi kamera mereka pada platform ini, yang mungkin berarti kinerja yang lebih baik daripada ponsel SD845 lainnya.

Ponsel ini adalah smartphone bermerek Nokia pertama yang menghadirkan pemindai sidik jari dalam layar, dipasangkan dengan Face Unlock untuk meningkatkan keamanan dengan data biometrik. Ponsel ini juga tahan air dan debu dengan standar IP67. Lengkap dengan pengisian nirkabel dan baterai 3.320mAh serta menjalankan Android 9 Pie out-of-the-box.

Kamera

 

Yang hebat dari Nokia 9 PureView adalah 5 kamera onboard-nya. Desain kamera ini sendiri bukannya memiliki posisi yang horizontal atau vertikal atau kotak seperti kompetitornya, melainkan memiliki posisi yang zig-zag, didampangi oleh LED flash dan sensor time-of-flight untuk menjamin kedalaman (depth) dari hasil foto. Kelima sensor kamera smartphone ini memiliki sensor dari zeiss dan masing-masing kamera memiliki resolusi 12 MP dan diafragma sebesar f/1.8. Kelima kamera tersebut terdiri dari 3 kamera monochrome dan 2 kamera RGB.

Modul penta-kamera di perangkat ini dikendalikan oleh ASIC khusus, yaitu co-prosesor pencitraan yang dibuat dalam kemitraan Nokia dengan perusahaan fotografi Light. Semua dari lima kamera pada Nokia 9 PureView bekerja secara bersamaan dengan menekan satu tombol untuk membuat gambar hasil akhir.

Co-prosesor bekerja di latar belakang untuk mengontrol white balance dan eksposur, tetapi juga telah terungkap bahwa perangkat menggunakan segala sesuatu mulai dari CPU, GPU hingga DSP untuk pengurangan kebisingan yang lebih cepat dan penggunaan daya yang rendah. Ini berarti foto-foto harus memiliki lebih banyak detail, ketajaman dan kontrol kedalaman yang mengesankan juga.

Nokia 9 PureView mengambil foto dalam format RAW DMG, yang berarti Anda akan memiliki kendali penuh atas pengeditan. HMD Global telah bermitra dengan Adobe untuk menjadikan tugas pengeditan ini lebih mudah dengan aplikasi Lightroom pada perangkat ini. Kabarnya, akan ada profil kamera baru untuk ponsel ini di aplikasi Lightroom. Selain itu, aplikasi Pro Camera dari Nokia juga mengantongi beberapa pembaruan kecil untuk perangkat ini.

Harga dan Ketersediaan

Nokia 9 PureView akan dijual dengan harga sekitar $699 dan mulai dijual pada bulan Maret. Hanya ada satu varian dari smartphone khusus ini, dengan 6GB RAM dan 128GB penyimpanan internal. Ini juga akan hadir dalam satu varian warna dan disebut Midnight Blue.

HMD Global juga sudah memulai pra-pemesanan untuk perangkat yang sangat inovatif ini di beberapa market dan akan melihat umpan balik untuk melihat respons yang didapatnya.

Menurut MedForians, apakah harga Nokia 9 PureView sudah sesuai dengan harganya? Silahkan berpendapat di kolom komentar dibawah!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.