Menu Tutup

Produksi PS Vita di Jepang Akan Dihentikan

Hai, MedForians!

Setelah meramaikan dunia gaming sejak 2011 lalu, PlayStation Vita buatan Sony sepertinya akan benar-benar mengakhiri masa hidupnya pada tahun ini. Sony akan segera menghentikan produksi konsol portabel ini di Jepang.

Dalam situs resmi PlayStation Jepang, dua model PS Vita yang tersisa, yaitu PlayStation Vita PCH-2000 ZA11 (Black) dan PCH 2000 ZA23 (Aqua Blue), terdapat tulisan “akan segera dihentikan,” pada kolom keterangan ketersediaan.

Seperti yang telah dilansir Famitsu dalam wawancara mereka dengan Vice President Sony Interactive Entertaiment, Hiroyuki Oda, Sony sudah berencana mengakhiri produksi PS Vita sejak 2018 lalu, dan ditargetkan pada 2019 ini. Meski begitu belum ada tanggal untuk mengkonfirmasinya, namun saat Sony mengumumkan bahwa produksi PlayStation 3 akan dihentikan di Jepang, dua bulan kemudian konsol tersebut secara resmi telah dihentikan produksinya. Diperkirakan ini juga akan terulang dengan PS Vita.

BACA JUGA :  Netflix Ultraman Rilis Adegan Pertarungan Ultraman Vs. Bemular
Konsol handheld portable PS Vita sebenarnya memiliki potensi besar untuk mendominasi pasar. Namun,  Sony membuat konsol ini agar berfokus pada pasaran Jepang dan Asia saja.Itu sebabnya PS Vita kehilangan dukungan game eksklusif dari developer game di negara-negara Barat.

Mengenai posisi PS Vita sendiri, konsol ini sebenarnya hingga tahun 2019 ini masih sejajar dan bahkan lebih laris dibandingkan Nintendo 3DS di Jepang.

Banyak developer lokal yang masih mengandalkannya sebagai platform utama untuk merilis game yang mereka buat, namun sayangnya dukungan dari satu negara saja tidak cukup untuk mempertahankan eksistensi konsol ini.

BACA JUGA :  Netflix Saint Seiya Umumkan Tanggal Rilis dan Trailer Subtitle Bahasa Indonesia

Sumber: Niche Gamer, Famitsu, Suara.com, PlayStation Japan

Baca Juga Artikel Ini!

×