Menu Tutup

[Review] Gundam NT, Sajikan Pertempuran Menegangkan, Konflik, dan Drama

Gundam NT

Hai, MedForians!
Rubrik review kali ini redaksi akan mengulas tentang film Gundam NT (atau dikenal juga dengan Gundam Narrative) yang baru saja ditayangkan perdana di CGV hari ini, Rabu (13/2).

Sebelum mengulas film Gundam NT, ada baiknya membaca dulu sinopsis ceritanya:

Kisah di anime Gundam NT bermula di tahun U.C. 0097, setahun setelah isi Laplace’s Box dibuka. Walaupun isi perjanjian di dalam Piagam Universal Century yang mengakui keberadaan dan hak kaum Newtype akhirnya telah terkuak, kehidupan di dunia pun tidak banyak berubah. Banyak yang menduga konflik yang disebut “Laplace’s Incident” telah berakhir dengan kejatuhan sisa-sisa pasukan Neo Zeon bernama Sleeves. Tak lama berselang, sebuah mobile suit misterius bernama RX-0 Unicorn Gundam 03 yang dijuluki Phenex kembali muncul ke bumi.

Sebagai peringatan, ulasan film ini mengandung spoiler. Ada baiknya menonton film ini terlebih dahulu!

Film ini dibuka oleh kehadiran tiga anak kecil yang bisa melihat masa depan. Mereka adalah Jona Basta, Rita Bernal, dan Michelle. Mereka bertiga kemudian terkenal dianggap sebagai anak ajaib, atau disebut juga dengan Newtype oleh masyarakat.

Beberapa tahun kemudian, tidak diketahui bagaimana nasib Rita. Jona, yang kemudian menjadi pilot mobile suit, terkadang membayangkan siluet Rita di dalam mimpinya. Ia kemudian direkrut menjadi pilot oleh Luio & Co., yang dipimpin Michelle Luio. Michelle sangat berambisi untuk mendapatkan Gundam Phenex karena ingin berbuat sesuatu.

Michelle dan Jona sempat berkonflik ketika mereka memulai misi kerjasama dengan kapal Federasi, Damascus, untuk menangkap the RX-0 Unicorn Gundam 03 Phenex, yang dipiloti Rita. Jona yang memiloti Gundam Narrative mendengar suara Rita, dimana jiwa Rita terjebak di dalam Gundam Phenex. Namun, Jona gagal menangkapnya.

Polemik mulai terjadi, dimana Barakho Managhan diam-diam mulai membelot dari Zeon, yang dipimpin Mineva. Ia memulai perang dengan memberikan misi rahasia untuk menangkap Gundam Phenex kepada sang antagonis utama kali ini, Zoltan Alkanen, yang juga merupakan mantan pasukan Neo Zeon (atau disebut dengan Sleeves).

BACA JUGA :  Film Anime Seishun Buta Yarō Luncurkan Visual Terbaru, Rilis Juni 2019

Pertempuran antara federasi bumi dan Sleeves tak terelakkan, dimana mereka memiliki misi masing-masing. Sebuah koloni pun menjadi saksi pertempuran gila dari Zoltan. Pertempuran ini juga menguras emosi dari Jona, yang merasa terkhianati karena sudah kehilangan sistem kendali Gundam Narrative akibat sistem otomatis NTD.

Sistem NTD ini berhasil menangkap Phenex dan meladeni Sinanju Stein dari Zoltan. Namun, mobile suit Neon Zeon II yang dibawa Zoltan untuk mengakhiri pertempuran, justru menjadi senjata makan tuan, dimana Jona dan Narrative tertelan ke dalam Neo Zeon II. Namun, ia akhirnya diselamatkan Phenex. Rita pun kemudian meminta bantuan kepada Jona.

Michelle pun mulai menjelaskan kepada kru tempur kapal Damascus terkait misi penangkapan Phenex. Dalam cerita ini, juga ditampilkan flash back antara Jona, Michelle, dan Rita ketika kecil dibawa ke dalam lab penelitian. Para peneliti hendak mencari keberadaan Newtype yang asli diantara mereka bertiga, dan mencoba membedahnya. Michelle pun mencoba merajuk kepada Jona untuk mengakui kepada kepala peneliti kalau mereka berdua adalah Newtype yang sebenarnya, demi menyelamatkan Rita.

Sayangnya, Michelle terpaksa mengkhianati mereka berdua. Rita pun dipaksa menjalani pembedahan, dan menjadi pilot Phenex, sebelum menghilang akibat tertelan oleh Phenex yang kehilangan kendali. Jona masih merasakan pengkhianatan yang dilakukan oleh Michelle, namun diluruskan oleh asisten dari Michelle, Theklat Brick.

Plot cerita mulai terlihat. Zoltan yang merasa dibuang oleh atasannya, membunuh bawahannya sendiri, dan mengendalikan kapal tempur, Sinanju Stein dan Neo Zeon II. Dengan kemampuannya, ia memaksa penggabungan Sinanju Stein dan Neo Zeon II, dan menghabisi koloni dan sebagian pasukan federasi di luar angkasa, dan berusaha membuat bencana besar di bumi.

BACA JUGA :  Empat Karakter Orisinal Bakal Hadir di Film Live Action Kakegurui!

Gundam Narrative dan Phenex bekerja sama untuk menahan Zoltan. Tak ketinggalan, Michelle dan asisten setianya ikut berusaha membantu. Namun naas, mereka berdua tewas tertembak Neo Zeon II. Ini juga menjadi plot twist, dan membuat Jona terpukul dan hampir menyerah. Tapi, ia akhirnya didukung oleh jiwa Rita dan Michelle yang menyatu dengan Phenex. Setelah Narrative hancur, Jona masuk ke kokpit Phenex, dan berhasil mengalahkan Neo Zeon II. Hampir tertelan oleh Phenex, Jona pada akhirnya berhasil diselamatkan oleh protagonis utama Gundam Unicorn sebelumnya, Banagher.

Balutan musik dari Sawano Hirayuki di setiap pertempuran memiliki aura sendiri, dan sangat mendukung momen tersebut. Ditambah suara dari penyanyi LiSA menjadikan setiap scene bisa dinikmati.

Meski sebenarnya film Gundam NT ini memiliki alur yang tak sekompleks serial Gundam Unicorn, dan bisa ditonton tanpa perlu mengikuti serial sebelumnya, namun alangkah baiknya jika MedForians terlebih dahulu menonton Mobile Suit Gundam Unicorn, atau Mobile Suit Gundam Unicorn RE:0096.

Sebagai penutup, ditampilkan trailer dari Film Anime Mobile Suit Gundam: Hathaway’s Flash. Mobile Suit Gundam: Hathaway’s Flash diumumkan bakal rilis musim dingin mendatang.

Baca Juga