Menu Tutup

AI Buatan Nvidia Ubah Sketsa Menjadi Foto “Asli”

AI Buatan Nvidia Ubah Sketsa Menjadi Foto “Asli”

Hai, MedForians!

Nvidia mengungkapkan teknologi layaknya “sihir” di GTC 2019.

Aplikasi Pembuat Gambar

Pada saat pelaksanaan GPU Tech Conference (GTC) 2019 di San Jose, California, Nvidia memperlihatkan hasil karya terbaru mereka.

Perangkat lunak yang disebut “GauGAN” ini memiliki kemampuan untuk mengubah sketsa kasar menjadi foto layaknya asli, atau seni fotorealisme.

Dikutip dari Tech Crunch dan VentureBeat, aplikasi ini dibuat untuk mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki oleh neural network platform milik Nvidia.

Aplikasi ini dirancang untuk memahami karakteristik seorang manusia dalam membuat suatu lukisan. Tujuan akhirnya adalah untuk mengubah sketsa tersebut dan mengubahnya menjadi sebuah gambar fotorealisme dalam waktu beberapa detik saja.

Pada saat ditampilkan secara langsung, aplikasi ini dapat bekerja sesuai parameter kerja.

Isi dari GauGAN

Aplikasi ini memiliki tiga alat atau fitur utama, yaitu paint bucket, pen, dan pencil. Pada bagian bawah layar akan terdapat berbagai macam objek.

Untuk membuat efek fotorealis, maka pengguna tinggal perlu memilih objek yang inigin dibuat, lalu menggambar dengan pensil. Nantinya, aplikasi ini akan secara otomatis membuat efek lakanya gambar asli.

Perlu diketahui, bahwa aplikasi ini membuat efek tersebut secara acak, bukan dari sebuah template. Sehingga, hasil akhir dari aplikasi ini adalah hasil “unik” yang bergantung terhadap sketsa yang diberikan.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan fitur lainnya untuk menggambar objek lain, misalnya menggambar pohon dengan pensil.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memastikan hasil akhir tidak akan sama persis apabila sketsa yang diberikan adalah mirip atau sama. Hal ini terutama penting apabila terdapat dua orang atau lebih yang menggambar sketsa yang sama.

Kemudian, untuk melakukan komputasi membuat gambar dari sketsa, aplikasi ini harus menggunakan platform komputasi Tensor. Perangkat yang digunakan adalah RDX Titan GPU.

Dengan perangkat keras tersebut, pengguna dapat menghasilkan efek fotorealisme secara instan.

Brayn Catanzaro, Vice President Applied Deep Learning Research, mengatakan bahwa dengan modifikasi tertentu, GauGAN dapat digunakan pada platform apa saja, termasuk menggunakan CPU biasa, walau dengan performa yang berkurang.

Seiring dengan waktu, aplikasi ini akan dikembangkan lebih lanjut, terutama dalam pembuatan dan pengenalan model objek.

Sebelumnya, Nvidia menyiapkan sekitar satu juta gambar dari Flickr untuk melatih neural network mereka. Gambar yang digunakan adalah gambar yang sudah diizinkan.

Selain itu, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk merekayasa hingga ratusan ribu objek berbeda dan relasi objek tersebut dengan objek lain pada dunia nyata.

Nantinya, aplikasi ini kemungkinan akan tersedia dalam Nvidia AI Playground. Catanzaro berharap aplikasi ini dapat memiliki nilai guna dalam pembuatan game.

Belum ada keterangan apakah aplikasi ini akan dirlis secara umum, tapi nantinya akan ada sesi uji coba yang setiap masyarakat dapat berpartisipasi.

Bagaimana, MedForians? Ingin mencoba aplikasi ini nantinya? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×