Apple Umumkan Apple Card, Kartu Kredit Berbasis iPhone

Teknologi 27 Mar 2019

Hai, MedForians!

Pengumuman mengejutkan kini datang dari perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini!

Pengumuman Baru

Dikutip dari TechRadar dan The Verge, pada saat acara launching pada hari Senin (25/03/19) kemarin, Apple mengumumkan suatu konsep baru yang berbeda daripada yang lain.

Pada kesempatan kali ini Apple mengumumkan akan merilis kartu kredit baru dengan nama Apple Card.

Pengguna baru yang ingin mempunyai kartu kredit ini hanya memerlukan satu syarat, yaitu mempunyai iPhone.

Pengguna kemudian perlu melakukan login pada Apple Wallet dan mendapatkan suatu kartu digital. Kartu ini kemudian dapat digunakan dimanapun asalkan pembayaran Apple Pay dapat dilakukan. Proses ini dikatakan hanya memerlukan beberapa menit saja.

Banyak Keuntungan

Kartu kredit buatan Apple ini dikatakan akan memiliki keuntungan pengguna yang tidak ditemukan di kartu kredit lain.

Apple menjanjikan kartu kredit ini akan memiliki sistem penggunaan yang lebih mudah, bunga kredit rendah, rewards yang lebih banyak, serta tidak ada potongan biaya apapun.

Terdapat juga berbagai macam fitur yang tersedia untuk pengguna yang menggunakan kartu kredit ini.

Pengguna nantinya dapat melihat jejak transaksi, saldo, dan tagihan jatuh tempo melalui aplikasi ini.

Kemudian, pengguna juga akan diberikan kartu fisik yang memiliki bahan dasar titanium.

Namun, kartu ini tidak akan memiliki informasi nomor kartu kredit, CVV, tanggal jatuh tempo, atau tanda tangan. Semua informasi ini nantinya akan disimpan langsung melalui Apple Wallet.

Apple mengatakan sistem ini akan membuat kartu kredit menjadi lebih aman dari sebelumnya. Kartu tersebut dikatakan tidak bisa digunakan pencuri untuk melakukan transaksi tanpa memiliki akses iPhone dan Apple Wallet pengguna.

Kemudian, perusahaan teknologi ini juga mengatakan bahwa akan ada implementasi machine learning dan Apple Maps. Kedua fitur ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan lokasi toko atau gerai yang digunakan melalui aplikasi ini. Fitur tersebut juga akan melacak tipe produk yang dibeli dan secara otomatis dipisah melalui pengelompokan seperti “makanan” atau “alat otomotif”.

Terdapat juga mekanisme reward yang cukup berbeda daripada sistem lainnya, seperti sistem berbasis poin. Kali ini, Apple Card akan memberikan cashback dalam bentuk Daily Cash. Saldo Daily Cash nantinya akan langsung masuk ke rekening untuk dapat digunakan.

Apple menawarkan cashback sebesar 2 persen untuk pembelian melalui Apple Pay dengan Apple Card. Kemudian, akan ada juga tambahan cashback sebesar 3 persen jika membeli produk langsung dari Apple. Terdapat juga cashback sebesar 1 persen apabila kartu kredit fisik ini digunakan dalam transaksi apapun.

Kerja Sama

Apple dikatakan akan bekerja sama dengan Goldman Sachs untuk implementasi Apple Card. Perusahaan tersebut bergerak dibidang transaksi berbasis Mastercard.

Kemudian, perusahaan tersebut berjanji bahwa sistem ini tidak akan memiliki potongan biaya, seperti biaya per bulan, biaya internasional, dan lain-lain.

Apple Card juga tidak akan memiliki pinalti untuk pembayaran yang terlambat serta bunga kredit yang rendah.

Dijamin Aman

Apple mengatakan akan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai privasi dalam produk mereka.

“Apple tidak tahu apa yang pengguna beli, dimana dibeli, dan berapa nominal transaksi tersebut,” ungkap Jennifer Bailey, Vice President Apple Pay.

Semua informasi transaksi ini akan disimpan pada perangkat pengguna, bukan di server milik Apple.

“Goldman Sachs tidak akan menjual data pribadi melalui jalur ketiga untuk tujuan marketing dan iklan,” ungkapnya lagi.

Bagaimana, MedForians? Ingin mencoba kartu kredit ini? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast