Menu Tutup

Diduga Mengemplang Pajak, Studio Ufotable Diperiksa

Diduga Mengemplang Pajak, Studio Ufotable Diperiksa

Hai, MedForians!

Sepertinya ada kabar buruk dari studio anime Jepang ini!

Menghindar dari Pajak

Kabar kurang mengenakkan datang dari Studio Ufotable, studio anime yang memproduksi seri Fate. Studio ini sedang diinvestigasi oleh Biro Perpajakan Regional Tokyo. Invetigasi dilakukan atas tuduhan penghindaran pajak.

Investigasi dilakukan di studio mereka di Tokyo, dan kafe milik mereka di Koenji dan Tokushima pada 12 Maret lalu. Dikatakan bahwa aspek dari investigasi berkaitan dengan penjualan produk dagangan. Diduga, sebagian pendapatan dari toko-toko tertentu tidak ditransfer ke rekening bank perusahaan, tetapi diambil langsung oleh pendiri, direktur representatif, dan presiden Ufotable, Hikaru Kondo “sebagai uang tunai.”

Foto Hikaru Kondo (Sumber: Bunshun)

Laporan ini juga mengatakan bahwa Hikaru Kondo diduga keuntungan uang yang diterima merupakan hasil penjualan dari merchandise studio miliknya.

Dikutip dari Bunshun dan Anime News Network, seorang mantan penyelidik Biro Pajak Daerah Tokyo menyatakan jika ia menduga penyelidikan akan berlangsung selama sekitar setahun, dan ada kemungkinan penuntutan dan penangkapan akan dilakukan.

BACA JUGA :  Terungkap! Studio Madhouse Eksploitasi Staf & Karyawan

Saat ini belum ada tuduhan resmi yang dilemparkan terhadap Hikaru Kondo maupun Ufotable. Saat ini, studio tersebut tidak ingin berkomentar mengenai kasus yang dialami saat ini. Walaupun begitu, menurut beberapa sumber dari Weekly Bunshun Digital, dikatakan bahwa Hikaru Kondo “mengakui” kecurigaan dari pihak berwenang.

Studio Aktif

Penjualan merchandise di Machi ★ Asobi CAFE (Sumber: Bunshun)

Ufotable, Inc. berdiri pada Oktober tahun 2000 oleh Hikaru Kondo, dan sudah memiliki 600 pekerja. Studio ini seringkali dikenal sebagai pembuat anime Fate?Zero dan Fate/stay night: Unlimited Blade Works. Selain seri Fate dan film trilogi Heaven’s Feel buatan Type Moon, studio ini juga memproduksi adaptasi anime Touken Ranbu pada 2017. Sebuah adaptasi anime yang mereka buat, Kimetsu no Yaiba, akan mulai tayang pada tanggal 6 April 2019. Selain memproduksi anime, studio ini juga menjual dagangan seputar produk anime yang mereka buat, dan memiliki beberapa kafe.

BACA JUGA :  Kreator Lupin III, "Monkey Punch" Meninggal Dunia

Ufotable juga memiliki reputasi sebagai studio yang memiliki animasi tingkat tinggi, terutama dalam adegan aksi, yang kebanyakan studio lainnya kesulitan untuk membuat animasi tersebut.

Dengan kabar kurang mengenakkan ini, bagaimana kelanjutan dari Kimetsu no Yaiba yang baru akan tayang 6 April mendatang? Semoga masalah ini segera diselesaikan dan Ufotable dapat kembali berkarya.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

Loading...
×
.entry-content > img[data-lazy-type=image]