Film "Shirobako" Tampilkan Detail dalam AnimeJapan 2019

Pop Kultur 28 Mar 2019

Hai, MedForians!

Seri anime yang memaparkan seluk beluk dibalik produksi anime, Shirobako, akan diadaptasi ke dalam sebuah film. Dalam event AnimeJapan 2019, detail dari film ini ditampilkan. Presiden P.A. Works Kenji Horikawa dan produser Takayuki Nagatani mempresentasikan detailnya.

Diungkap bahwa premis cerita filmnya akan mengambil 5 tahun setelah seri TV-nya. Mengingat seri anime ini telah tayang pada 2014 lalu, dirasa amat logis untuk timeskip nya. Horikawa awalnya ingin Shirobako tayang sebanyak 4 cour dan menunjukkan pertumbuhan Miyamori dari asisten produser menjadi produser penuh. Horikawa berharap film bisa tayang awal 2020, dan untuk mewujudkan hal ini semua deadline produksi harus selesai sesuai jadwal.

Horikawa menyatakan jika film ini akan selesai pada akhir tahun ini dan akan rilis pada awal 2020 mendatang.

Selain memperlihatkan Ema yang lebih tua 5 tahun, karakter baru bernama Miyai juga diperkenalkan. Namun, hanya ditampilkan dalam presentasi kali ini dan tidak dipaparkan secara online.

Film rencananya akan hadir dengan durasi 120 menit karena Horikawa mengaku ada banyak elemen cerita yang sayangnya tidak cukup masuk durasi film bila menggunakan standar 90 menit. Dia sebenarnya ingin film berjalan sebanyak 3 jam, namun hal ini akan membuat filmnya membutuhkan jeda agar penonton bisa istirahat toilet.

Shirobako adalah produk dari P.A Works dan Warner Entertainment Japan yang tayang sejak 9 Oktober 2014 hingga 26 Maret 2015. Judul Shirobako merujuk pada video yang disebarkan kepada para staf produksi sebelum penayangan di televisi. Video-video ini pada saat itu berupa kaset VHS yang dibungkus dengan kotak berwarna putih dan sering disebut sebagai “kotak putih” (arti kata shirobako) walaupun sebenarnya pembungkus putih tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Cerita ini mengikuti kisah lima orang sahabat, Aoi Miyamori, Ema Yasuhara, Shizuka Sakaki, Misa Tōdō, dan Midori Imai, dimana kelima gadis tersebut terjun ke industri anime setelah pengalaman mereka di klub animasi saat masa sekolah. Serial ini menampilkan masalah dan kesulitan sehari-sehari dalam pekerjaan mereka masing-masing, begitu juga dengan usaha mereka untuk mengatasinya. Cerita lebih berfokus pada Aoi dan staf lainnya di sebuah studio animasi bernama Musashino Animation.

Bagaimana kelanjutan kisah kelima sahabat dan Musashino Animation setelah 5 tahun? Tunggu tanggal mainnya!

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.