Kalahkan Bill Gates, Bos Amazon Jadi Orang Terkaya di Dunia

Teknologi 8 Mar 2019

Hai MedForians!

Berita berikut mengenai Jeff Bezos, pendiri dan CEO dari Amazon yang menjadi orang terkaya sejagat.

Dilansir dari CNN Indonesia (6/3), Jeff Bezos, pendiri dan CEO dari Amazon, kembali menjadi orang terkaya sedunia. Forbes mencatat kekayaan dari CEO Amazon  hingga awal tahun 2019 mencapai USD $131 miliar atau sekitar Rp 1.854 triliun (atau setara nyaris 1,8 kuadriliun). Jumlah kekayaannya meningkat USD $19 miliar dibandingkan setahun silam. Setahun lalu, kekayaan bersih Jeff Bezos tercatat sebesar USD $100 miliar. Dengan begitu, untuk dua tahun beruntun, ia mendapatkan gelar sebagai orang terkaya sejagat mengungguli pendiri dari Microsoft, Bill Gates.

Kabar perceraian antara Jeff Bezos dan istrinya Mackenzie sempat memicu kekhawatiran investor terhadap performa bisnis dari Amazon. Kekhawatiran tersebut muncul karena Mackenzie pernah menjabat sebagai akuntan untuk perusahaan Amazon.

Isu perselingkuhan antara Jeff Bezos dengan pembawa acara TV Lauren Sanchez disebut menjadi penyebab Mackenzie menggugat cerai Jeff Bezos.

Perceraian tersebut memiliki kemungkinan besar akan memengaruhi kekayaan Jeff Bezos. Hal itu karena Negara Bagian Washington mengharuskan pasangan yang bercerai harus membagi harta selama pernikahan secara adil. Jika Mackenzie, mendapatkan setengah dari kekayaan Bos Amazon ini, maka ia akan menjadi perempuan terkaya di dunia.

Tahum lalu, kekayaan Jeff Bezos berhasil melampaui rekor Bill Gates sebagai orang terkaya sejagat selama 12 tahun berturut-turut sejak tahun 2001 hingga tahun 2017.

Bill Gates mungkin bisa tetap mendapatkan gelar orang terkaya sejagat tersebut jika ia tidak menghibahkan USD $3.5 miliar kepada yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan yang didirikan oleh Bill Gates dan Melinda Gates.

Jeff Bezos dan Bill Gates hanya dua nama dari nama-nama miliuner dunia dalam dua dekade terakhir. Dua nama lainnya adalah CEO dari Berkshire Hathaway, Warren Buffet dan Carlos Slim Helu dari Meksiko.

Di sisi lain, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengalami penurunan peringkat dari sebelumnya di posisi kelima menjadi kedelapan. Banyaknya kasus yang menerpa Facebook disinyalir menjadi penyebab utama penyusutan kekayaan Zuckerberg.

Berikut daftar 10 besar orang terkaya dunia versi Forbes:

1. Jeff Bezos (Amazon) – 131 miliar dollar AS (Rp 1.830 triliun)

2. Bill Gates (Microsoft) – 96,5 miliar dollar AS (Rp 1.350 triliun)

3. Warren Buffett (Berkshire Hathaway) – 82,5 miliar dollar AS (Rp 1.150 triliun)

4. Bernard Arnault (LVMH) – 76 miliar dollar AS (Rp 1.060 triliun)

5. Carlos Slim Helu (Telecom) – 64 miliar dollar AS (Rp 896 triliun)

6. Amancio Ortega (Inditex, Zara) – 62,7 miliar dollar AS (Rp 877,80 triliun)

7. Larry Ellison (Oracle) – 62,5 miliar dollar AS (Rp 875 triliun)

8. Mark Zuckerberg (Facebook) – 62,3 miliar dollar AS (Rp 872,20 triliun)

9. Michael Bloomberg (Bloomberg) – 55,5 miliar dollar AS (Rp 777 triliun)

10. Larry Page (Alphabet) – 50,8 miliar dollar AS (Rp 711,20 triliun)

Tag

Samana Yoga

Media Formasi Author