Pendiri Takara Yasuta Sato Meninggal Dunia

Pop Kultur 3 Mar 2019

Hai, MedForians!

Kabar duka datang dari industri mainan Jepang. Situs resmi NHK melaporkan pada hari Jumat (01/03) bahwa pendiri perusahaan mainan Takara (sekarang dikenal sebagai Takara Tomy) Yasuta Sato yang berusia 94 tahun meninggal dunia pada tanggal 26 Februari lalu.

Pria yang dikenal sebagai “Raja Mainan” ini mendirikan perusahaan mainan Takara pada tahun 1955 silam, dimana pada saat itu masih bernama Sato Vinyl. Perusahaan tersebut mengganti nama menjadi Takara Vinyl di tahun 1960 sebelum akhirnya menjadi Takara enam tahun kemudian.

Yasuta Sato telah menjabat sebagai CEO Takara sejak didirikannya perusahaan tersebut hingga tahun 2001, jauh sebelum perusahaannya bergabung dengan Tomy untuk membentuk Takara Tomy di tahun 2005.

Dirinya dijuluki “Raja Mainan” karena perusahaannya telah menciptakan banyak mainan yang revolusioner dan sukses di Jepang, diantaranya adalah Microman dan Diaclone.

Microman pertama kali dirilis pada tahun 1974, dimana gimmick yang diperjualkan adalah artikulasinya yang cukup banyak untuk mainan berskala 9.5 cm. Karena ukurannya yang kecil, semua figurnya bisa dimasukan kedalam mainan kendaraan yang dapat berubah bentuk menjadi senjata tempur.

Meski sudah dijual sejak tahun 1980, mainan Diaclone menjadi terkenal pada bulan Maret 1982 setelah memperkenalkan robot-robot yang dapat berubah menjadi kendaraan seperti mobil dalam sub seri Car Robots.

Kedua seri mainan ini digabung dan dijual di luar Jepang oleh Hasbro dengan nama yang sangat familiar di telinga kita: Transformers. Dirilisnya Transformers di Amerika Serikat juga mengakhiri penjualan mainan Microman dan Diaclone di Jepang, dan mainan-mainan lama dari kedua seri tersebut dijual kembali oleh Takara menggunakan label Transformers.

Kami segenap redaksi turut berduka cita sekaligus berbela sungkawa atas meninggalnya sosok yang memperkenalkan kita pada dunia Transformers.

Sumber: TransFormers World 2005, NHK

Tag

Aulia Raihan Hakim

Fan dubber, otaku, wrestling mark, casual gamer, movie goer, amateur writer.