Perdana, Zenfone Max Shot dan Max Plus M2 Gunakan Snapdragon SiP 1

Teknologi Mar 17, 2019

Hai, MedForians!

Dua ponsel terbaru dari Asus akan menggunakan chip terbaru dari Qualcomm!

Chip Ponsel

Dikutip dari GSMArena dan KompasTekno, Asus mengumumkan dua ponsel terbaru untuk segmen middle-end, yaitu Zenfone Max Shot dan Max Plus M2.

Rilis secara resmi di Brazil, salah satu hal yang membedakan kedua ponsel ini dari yang lainnya adalah teknologi chip terbaru, yaitu “System-in-Package” atau SiP.

System-in-Package atau SiP adalah sebuah chip yang menggabungkan semua fitur dan komponen penting dalam suatu smartphone.

Berbeda dari SoC yang hanya menggabungkan CPU, GPU, dan fungsi dasar lainnya, seperti perangkat penerima sinyal, kali ini SiP telah menggabungkan seluruh komponen ponsel dalam satu chip.

Komponen tersebut sudah termasuk yang terdapat dalam SoC, ditambah audio codec, RAM, flash memory, Wi-Fi, GPS, dan lain-lain.

Karena sudah menggabungkan berbagai komponen penting dalam satu tempat, maka ukuran komponen secara keseluruhan menjadi lebih kecil. Sehingga, suatu ponel yang menggunakan SiP dapat menjadi lebih kecil dan ringkas, atau mengalokasikan ruangan tersebut untuk komponen lain, seperti baterai.

Kemudian, dikatakan bahwa kinerja chip terbaru ini akan memiliki performa yang sebanding dengan chip setingkat lainnya, seperti SoC Snapdragon 450.

SiP terbaru ini menggunakan teknologi manufaktur 14nm.

Spesifikasi

Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang hampir sama. Namun, ada beberapa perbedaan dasar dari kedua ponsel tersebut.

Zenfone Max Shot menggunakan kamera dengan konfigurasi dual-camera dengan pembagian kamera utama wide angle 12 megapiksel dan kamera depth sensor dengan resolusi 5 megapiksel.

Untuk Zenfone Max Plus M2, akan terdapat satu modul kamera belakang dengan fungsi wide-angle sebesar 8 megapiksel.

Untuk kamera depan, terdapat satu kamera dengan resolusi 8 megapiksel. Terdapat juga lampu LED untuk bagian depan dan belakang ponsel.

Kedua ponsel ini akan menggunakan teknologi layar IPS dengan ukuran 6.26 inci (~15,9 cm).

Spesifikasi lainnya untuk Zenfone Max Plus M2 adalaj kapasitas baterai 4.000 mAH dan konfigurasi RAM dan penyimpanan internal sebesar 3 GB / 32 GB.

Sedangkan, untuk Max Shot akan mendapatkan variasi ukuran 3 GB / 32 GB dan 4 GB / 64 GB.

Kedua ponsel ini sudah mendukung dual-SIM dan slot khusus MicroSD.

Kedua ponsel tersebut akan dijual secara online melalui situs resmi Asus Brazil. Max Plus M2 akan dijual dengan harga 1.299 real Brazil (~Rp 4,8 juta).

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian ingin mencoba chip terbaru ini saat sudah rilis di Indonesia? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.