Perkenalkan Apple Arcade, Layanan Game Berbasis Subscription

Gaming 28 Mar 2019

Hai, MedForians!

Apple sepertinya akan mulai terjun ke dunia gaming!

Layanan Baru

https://youtu.be/67umVefSXnY

Pada acara hari Senin (25/03/19) kemarin, Apple mengumumkan beberapa konsep produk dan layanan baru. Salah satunya adalah Apple Arcade.

Apple Arcade adalah layanan gaming berbasis subscription. Artinya, pengguna perlu membayar biaya tetap setiap satu bulan tanpa ada biaya tambahan.

Dikutip dari MacRumors dan The Verge, Apple Arcade akan menyediakan lebih dari 100 game premium yang dikembangkan khusus untuk layanan ini.

Game berbayar seringkali disukai dan diterima oleh pemain, namun untuk bersaing dengan (game) gratis merupakan hal yang sulit, sehingga game (berbayar) terbaik hanya akan dapat memiliki pemain yang lebih sedikit (daripada game gratis),” ungkap Apple saat mengumumkan layanan terbaru ini.

Sumber: MacRumors

Nantinya, game tersebut akan dapat dimainkan pada platform manapun dalam ekosistem Apple, termasuk iOS, Mac, dan Apple TV.

Untuk mengakses game tersebut, nantinya aplikasi App Store akan diperbaharui untuk memiliki “tab” baru khusus untuk layanan Apple Arcade.

Tentunya, tidak akan ada iklan dan biaya tambahan lainnya. Game yang disediakan dapat dimainkan layaknya game berbayar pada umumnya. Game tersebut juga nantinya akan dikembangkan lebih lanjut, mulai dari konten baru dan pembaharuan lainnya.

Ini juga tidak kalah pentingnya, game yang tersedia pada layanan terbaru Apple ini nantinya dapat dimainkan tanpa perlu ada koneksi internet, atau offline. Tentunya ini merupakan nilai tambah lebih, apalagi untuk pengguna yang tidak selalu terkoneksi ke internet.

Saat ini, belum diketahui biaya untuk layanan ini. Apple kali ini hanya mengumumkan layanan terbaru mereka, bukan merilis hal tersebut ke dunia publik.

Kemudian, akan terdapat fitur “Family Sharing” pada layanan ini. Fitur ini memungkinkan 6 orang lain atau anggota keluarga untuk mendapatkan akses yang sama. Syaratnya adalah memiliki kartu kredit yang sama dan sudah terasosiasi dengan Apple ID.

Game Apa Saja yang Tersedia?

Apple mengatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan pengembang game lain, baik indie hingga pengembang besar. Nantinya, mereka akan membuat game yang “baru dan eksklusif” untuk layanan Apple Arcade.

Kemudian, game yang dibuat adalah game dengan konten orisinil. sehingga bukanlah game hasil port atau remake.

Saat ini, Apple diketahui sudah memiliki hubungan kerja sama dengan Annapurna Interactive, Bossa Studios, Cartoon Network, Finji, Giant Squid, Klei Entertainment, Konami, LEGO, Mistwalker Corporation, SEGA, Snowman, ustwo games, dan berbagai pengembang lainnya.

Terdapat juga keuntungan pengembang apabila berpartisipasi untuk membuat game di layanan terbaru Apple ini. Perusahaan teknologi ini akan memberikan dana atau subsidi untuk biaya pengembangan game.

Nantinya, Apple akan memilih game apa saja yang akan tersedia di layanan mereka.

Pada saat layanan ini resmi rilis, dipastikan akan tersedia kurang lebih 100 game dengan berbagai macam genre dan cara bermain.

Saat ini, baru diketahui beberapa game saja yang dipastikan akan tersedia. Berdasarkan informasi dari website resmi Apple, berikut adalah sebagian kecil dari game tersebut:

  • Oceanhorn 2: Knights of the Lost Realm: Game action-adventure yang memiliki unsur eksplorasi, pertarungan, dan dungeons.
  • Beyond a Steel Sky: Game dengan genre fiksi ilmiah era 90an dengan tema kota dystopia yang dikendalikan oleh sosok kecerdasan buatan (AI).
  • Hot Lava: Layaknya imajinasi anak kecil, game ini memiliki misi untuk menghindari lantai yang berupa lava dengan cara berlari, melompat, dan lain-lain.
https://youtu.be/95FuVib8mcY

Masih banyak game-game lainnya yang sudah pasti akan tersedia di Apple Arcade saat sudah resmi rilis nanti. Game tersebut antara lain adalah Heart of the Elder Tree, The Artful Escape, The Bradwell Conspiracy, Box Project, Cardpocalypse, Doomsday Vault, Down in Bermuda, Enter the Construct, Fantasian, Frogger in Toy Town, Hitchhiker, Kings of the Castle, Lego Arthouse, Lifelike, Monomals, Mr. Turtle, No Way Home, Overland, Projection: First Light, Repair, Sayonara Wild Hearts, Shantae 5, Sneaky Sasquatch, Sonic Racing, Spidersaurus, The Construct, UFO on Tape, Winding Worlds, dan Yaga.

Bagaimana, MedForians? Tertarik untuk menggunakan layanan terbaru ini? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast