Menu Tutup

PQube Games: “Kill la Kill-If Tidak Akan Tersensor di PS4”

PQube Games: “Kill la Kill-If Tidak Akan Disensor di PS4 Ataupun Switch”

Hai, MedForians!

Seperti yang MedForians ketahui, Sony akhir-akhir ini telah membuat regulasi penyensoran untuk game yang akan dirilis di PlayStation 4 menjadi semakin ketat. Ini benar-benar terasa efeknya pada game yang dibuat di Jepang dan bergenre Ecchi/Fanservice dimana konten yang ada di gamenya tak hanya harus disensor, bahkan karena regulasi ini ada beberapa game di genre tersebut yang terpaksa di larang rilis untuk PS4 di luar Jepang! Sangat berbanding terbalik dengan saingan Sony yaitu Nintendo dan konsol Nintendo Switch mereka yang selalu memperbolehkan game-game tersebut dirilis tanpa harus merubah/mensensor kontennya.

Karena itulah banyak netizen yang khawatir game seperti Kill la Kill – If, adaptasi anime Kill la Kill buatan Studio Trigger dari tahun 2013, juga akan terkena penyensoran massal oleh Sony karena game tersebut selain di rilis untuk Nintendo Switch juga akan di rilis untuk konsol PlayStation 4. Ditambah lagi anime tersebut terkenal karena elemen fanservice nya yang cukup kental dan game ini akan membawa elemen tersebut ke dalam gamenya.

Disaat itulah PQube Games datang untuk meredakan keresahan netizen. PQube Games adalah penerbit game asal Britania Raya yang dikenal sangat vokal terhadap penyensoran di pasaran video game, dan mereka selalu merilis game Jejepangan yang mereka terjemahkan tanpa ada satupun konten yang disensor, terlihat jelas dengan game yang mereka terbitkan sebelum Kill la Kill seperti GalGun: Double Peace dan Valkyrie Drive -Bhikkuni-.

Dalam cuitan yang mereka buat di akun Twitter mereka 1 Maret lalu, yang mengumumkan kerja sama mereka dengan Arc System Works (penerbit Kill la Kill – If di pasaran Jepang dan dikenal sebagai pencipta game fighting seperti Guilty Gear, BlazBlue, Persona 4 Arena, dan Under Night In-Birth) untuk merilis Kill la Kill di benua Eropa, ada seorang user yang bertanya apakah game tersebut akan disensor untuk versi PS4nya.

Ada user lainnya yang membalas dengan menjawab mustahil game tersebut akan disensor oleh penerbit yang jujur dan transparan seperti PQube, dan disinilah PQube mulai meyakinkan sang user bahwa game Kill la Kill (setidaknya untuk versi Eropa) akan sama persis dengan versi Jepang, tanpa ada perubahan yang signifikan di dalam gamenya selain perubahan bahasa.

Satu hal yang penting adalah jika ada bagian dalam game tersebut yang harus dirubah/disensor, pihak PQube akan mendiskusikan ini secara publik dengan konsumen lewat media sosial seperti yang biasa mereka lakukan.

BACA JUGA :  Eks Anggota KARA Kang Jiyoung Bintangi Live Action Tokyo Ghoul 2

Perusahaan ini memang sangat transparan dengan game-game yang mereka terjemahkan, selalu mengumumkan apa yang harus dirubah, yang harus disensor, dan langkah apa yang mereka bisa lakukan agar menjaga integritas dari visi developer game Jejepangan tersebut.

BACA JUGA :  Komunitas eSport Tolak Wacana Fatwa Haram PUBG

Kill la Kill – If akan dirilis untuk PlayStation 4 dan Nintendo Switch pada tahun ini.

Sumber: One Angry Gamer, @PQubeGames

Baca Juga Artikel Ini!

×