Menu Tutup

Saingi Google Drive, Mozilla Luncurkan Firefox Send

Saingi Google Drive, Mozilla Luncurkan Firefox Send

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari perusahaan pembuat peramban Firefox, Mozilla. Mozilla dikabarkan akan meluncurkan layanan baru berbagi file dengan nama Firefox Send.

Dilansir dari Kompas Tekno, Rabu (13/3), Firefox Send merupakan layanan file-transfer, serupa dengan Google Drive atau Dropbox yang memungkinkan pengguna mengirim file ke sesama pengguna dan diklaim sangat aman untuk digunakan di peramban apapun.

Disebut aman karena Firefox Send dibekali dengan fitur end-to-end encryption, dimana file tidak akan bisa diakses oleh siapapun kecuali oleh izin pengunggah.

Firefox Send juga memungkinkan pengguna untuk melindungi file yang ingin ditransfer dengan fitur keamanan ekstra.

Fitur ekstra tersebut mencakup pembatasan jumlah unduhan untuk file yang diunggah, durasi masa berlaku link unggahan, hingga penerapan password untuk mengamankan akses ke file unggahan.

File yang diunggah sendiri ukurannya bisa mencapai 1 GB bagi pengguna non-berbayar. Pengguna juga bisa mendaftar di tautan berikut untuk mengunggah file hingga 2,5 GB (ekstra 1,5 GB).

BACA JUGA :  AI Buatan Nvidia Ubah Sketsa Menjadi Foto "Asli"

Kemudian, pengguna bisa mengklik “Select files to upload” atau melakukan “drag and drop” pada kotak unggahan yang tersedia di sebelah kiri untuk memilih file yang akan diunggah.

Setelah memilih file yang akan diunggah, atur opsi-opsi yang ada, seperti masa berlaku link unduhan. Pengguna juga bisa membuat password tambahan agar file tersebut aman dan tidak bisa diakses siapapun. Setelah itu, klik “Upload”.

Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Setelah proses mengunggah berhasil, pengguna akan disodorkan link unduhan file yang diunggah tadi. Link tersebut bisa dibagikan ke pengguna lain dan mereka pun bisa mengunduhnya.

Untuk saat ini, Firefox Send bisa digunakan di peramban apapun lewat desktop atau PC. Meski begitu, layanan penyimpan file ini menurut pihak Mozilla di dalam blog resminya juga bakal tersedia dalam aplikasi Android ke depannya.

BACA JUGA :  Oppo A5s Resmi Rilis, Adopsi Chip Helio P35

Ketersedian Firefox Send dalam aplikasi Android versi beta dijadwalkan dalam beberapa minggu ke depan.

Untuk lebih lengkap mengenai cara kerjanya, berikut cuplikan video yang diambil dari situs blog resmi milik Mozilla:

Baca Juga Artikel Ini!

×