Sekarang Elon Musk Jualan Paket Data Satelit Internet Global

Teknologi 28 Mar 2019

Hai, MedForians!

Ambisi tokoh technopreneur ini sepertinya semakin besar!

Paket Internet

CEO SpaceX, Elon Musk, sepertinya akan mulai memanfaatkan satelit internet berkecepatan tinggi yang sempat diluncurkan pada akhir Februari lalu.

Sekarang, beliau mulai memasarkan paket internet cepat dengan menggunakan satelit tersebut. Nantinya, paket tersebut akan tersedia untuk seluruh masyarakat bumi.

Dikutip dari CNN Indonesia, tarif untuk paket tersebut bervariasi, mulai dari $9,99 (~Rp 140 ribu) hingga $29,99 (~Rp 420 ribu).

Paket reguler sekaligus termurah, yaitu Paket StandardX, akan memiliki kuota 1.000 GB atau 1 TB dengan kecepatan 10.000 Mbps.

Kemudian ada lagi paket PremiumX dengan kuota 2.000 GB, kecepatan 20.000 Mbps.

Paket termahal, yaitu ProfessionalX, akan mendapatkan akses kuota unlimited dengan kecepatan 1.000.000 Mbps.

Ketiga paket tersebut secara berurutan memiliki harga $9,99 (~Rp 140 ribu), $19,99 (~Rp 285 ribu), dan $29,99 (~Rp 420 ribu). Semua paket ini juga akan menawarkan akses pengiriman pesan singkat tanpa ada batasan.

Khusus untuk paket ProfessionalX, Elon Musk mengatakan bahwa pengguna dengan paket ini dapat mengakses internet di bahkan dari “berbagai tempat di galaksi ini”.

Untuk Daerah Kurang Terjangkau

SpaceX mengatakan bahwa paket ini akan ditargetkan untuk tempat-tempat yang kurang terjangkau oleh operator lokal. Hal ini juga dapat dipandang sebagai suatu tantangan kepada operator lokal untuk bersaing dalam menyediakan layanan komunikasi di semua tempat.

Internet berbasis Satelit

Sebelumnya, SpaceX sudah meluncurkan dua satelit baru, Tintin A dan Tintin B dengan konsep Starlink. Konsep tersebut akan merealisasikan planet Bumi yang dikelilingi oleh 12.000 satelit dengan menyediakan internet kecepatan tinggi.

Ilustrasi Starlink (GeekWire)

Starlink diklaim dapat menyediakan internet dengan kecepatan rata-rata 180 lebih tinggi dibandingkan kecepatan internet global.

Untuk tahun 2019, SpaceX berencana untuk meluncurkan sekitar 4.000 satelit internet.

Nantinya, satelit tersebut akan berada di orbit rendah (Low Earth Orbit) dengan ketinggian 1.100 km hingga 1.200 km di atas permukaan bumi.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian ingin mencoba internet dari SpaceX? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast