Xiaomi akan "Hilangkan" Iklan di MIUI?

Teknologi Mar 19, 2019

Hai, MedForians!

Pernyataan mencengangkan dilontarkaln oleh salah satu petinggi Xiaomi

Iklan dalam Ponsel

Xiaomi dikenal sebagai perusahaan yang menghasilkan produk yang relatif jauh lebih murah daripada kompetitor, terutama untuk perangkat smartphone.

Namun, sebagai ganti untuk harga ponsel yang murah, pengguna harus menerima keadaan bahwa akan ada iklan yang muncul pada saat menggunakan ponsel.

Hal ini tentunya membuat sebagian pengguna menjadi kesal terhadap sistem operasi buatan Xiaomi ini. Terdapat berbagai macam keluhan pengguna terhadap munculnya iklan pada saat menggunakan aplikasi bawaan dan sistem operasi MIUI. Adapula sebagian pengguna lainnya memilih untuk memasang custom ROM yang bebas dari iklan.

Dikutip dari KompasTekno, perusahaan pesaing lainnya juga terkadang “menggoreng” topik iklan dalam ponsel ini. Perusahaan tersebut menyindir Xiaomi sebagai perusahaan penjual iklan.

Walaupun begitu, metode iklan ini adalah cara Xiaomi untuk menghasilkan keuntungan dibalik harga ponsel yang luar biasa murah.

Akan Diperbaiki?

Pada forum media sosial Weibo, terdapat salah satu pengguna dengan nama daring Vesu Decryption yang meminta untuk menghapus iklan di MIUI kepada Xiaomi.

Kemudian, pihak Xiaomi membalas permohonan tersebut.

“Saya akan memperbaikinya, serahkan saja pada saya,” kata petinggi Xiaomi.

Hal ini tentunya mengundang banyak respons dari pengguna Xiaomi dan pihak lain.

Sayangnya, respons tersebut banyak mengandung unsur skeptis. Hal ini dikarenakan tindakan tersebut dapat mematikan sumber pendapatan utama Xiaomi dalam lini ponsel.

Beberapa waktu yang lalu, Xiaomi mengatakan bahwa iklan tersebut memang dipasang secara sengaja pada MIUI. Hal ini dikarenakan bisnis layanan dan iklan adalah model bisnis utama Xiaomi. Penjualan ponsel hanyalah sekedar untuk mendapatkan pengguna sebanyak mungkin.

“Iklan selama ini selalu menjadi bagian integral dari layanan internet Xiaomi dan bagian kunci dari model bisnis perusahaan,” kata Xiaomi.

“Prinsip kami adalah bahwa iklan seharusnya tidak menggangu, dan pengguna selalu punya opsi untuk menerima lebih sedikit rekomendasi (iklan),” lanjut mereka.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian menginginkan ponsel Xiaomi tanpa adanya iklan dalam MIUI? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.