Menu Tutup

Ada Bug, Update Terbaru Windows 10 Sebabkan PC Rusak Seketika

Ada Bug, Update Terbaru Windows 10 Sebabkan PC Rusak Seketika

Hai, MedForians!

Sepertinya bug muncul lagi di update terbaru untuk Windows!

Bug

Beberapa pengguna mulai melaporkan telah mendapati berbagai macam glitch dan bug pada sistem operasi Windows 10 terbaru mereka.

Dikutip dari PCWorld dan Threatpost, update terbaru untuk Windows 10, tepatnya “April 9 security update” atau “April Patch Tuesday security update” dilaporkan membuat komputer yang memasang pembaharuan tersebut “tidak dapat digunakan” oleh pengguna.

Pengguna yang memasang update tersebut dilaporkan mendapati komputer mereka menjadi sangat lambat. Mulai dari waktu boot hingga penggunaan sehari-hari, semuanya terasa sangat “lemot” seketika setelah memasang update terbaru tersebut.

Bahkan, ada sebagian pengguna yang melaporkan bahwa mereka tidak dapat masuk ke Windows 10, alias tidak berhasil booting.

Setelah ditelusuri, ternyata permasalahan ini disebabkan oleh ketidaksesuaian pembaharuan Windows dengan aplikasi antivirus yang terpasang.

Antivirus tersebut antara lain adalah: ArcaBit antivirus software, Avast, McAfee Security Threat Prevention 10.x, dan McAfee Host Intrusion Prevention 8.0.

BACA JUGA :  Waspada! OS Windows Dapat Diretas Via Notepad

Menurut Microsoft, apabila pengguna menggunakan salah satu dari produk antivirus tersebut, maka akan mendapati komputer mereka mengalami berbagai permasalahan performa.

Memanggapi permasalahan ini, pihak McAfee mengatakan bahwa “kami akan melakukan investigasi mengenai permasalahan ini dan akan memperbaikinya pada pembaharuan berikutnya”.

Kemudian, pihak Sophos mengirimkan sebuah catatan ke pelanggan mereka yang menyatakan bahwa “Setelah melakukan instalasi pembaharuan Microsoft Windows tertentu… Sophos telah menerima berbagai laporan mengenai komputer tidak dapat dijalankan. Sophos saat ini secara aktif sedang melakukan investigasi mengenai permasalahan ini dan akan memperbaharui artikel ini saat informasi tambahan telah tersedia”.

Saat ini pihak Sophos mengatakan bahwa produk mereka, yaitu Sophos Intercept X juga ikut terdampak dalam permasalahan ini.

Belum Diketahui Permasalahannya

Saat ini Microsoft masih belum mengetahui faktor apa yang menyebabkan permasalahan ini pada pembaharuan Windows 10 mereka.

Namun, raksasa teknologi ini mengatakan bahwa ciri-ciri dari bug ini berhubungan dengan pembaharuan keamanan versi bulan April yang mempengaruhi implementasi Kerberos pada beberapa versi Windows.

BACA JUGA :  Waspada! OS Windows Dapat Diretas Via Notepad

Kerberos adalah protokol kunci otentikasi yang digunakan oleh berbagai macam produk dan aplikasi open-source.

Saat ini, Microsoft telah menyediakan solusi teknis untuk pihak yang terdampak.

Namun, saat ini mereka memutuskan untuk menunda pembaharuan April untuk Windows 10 sampai permasalahan ini tuntas terselesaikan.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian juga terdampak oleh permasalahan ini? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×