Menu Tutup

Awasi Kinerja Karyawan, Perusahaan di Inggris Gunakan Kecerdasan Buatan

Awasi Kinerja Karyawan, Perusahaan di Inggris Gunakan Kecerdasan Buatan

Hai, MedForians!

Sejumlah perusahaan di Inggris saat ini sudah banyak yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mengawasi karyawan mereka.

Artificial Intelligence Sebagai Pengawas

AI saat ini juga digunakan untuk meneliti perilaku staf dari menit ke menit, dengan mengumpulkan data tentang siapa yang mengirim email kepada mereka siapa yang mengakses dan mengedit file dan siapa bertemu dengan siapa serta kapan waktunya.

Setidaknya ada 130 ribu orang di Inggris saat ini dimonitor perilakunya secara realtime oleh Isaak System. Isaak System berfungsi untuk memeringkat atribut karyawan di perusahaan.

Dirancang oleh perusahaan teknologi berbasis di London bernama Status Today, hal ini menjadi cintih terbaru tren menggunakan algoritma untuk mengelola sumber daya manusia.

DIkutip dari Detikcom dan Telegraph, Senin (8/4), penggunaan teknologi ini menuai kritikan sebagian kalangan karena dianggap berpotensi menimbulkan ketidakpercayaan terhadap perusahaan dan meningkatkan stress pada para pekerja.

Sistem ini memperihatkan kepada para Boss perusahaan, seberapa kolaboratif para pekerja dan mengetahui apakah staf tersebut ‘influencer’ atau bukan.

Teknologi Status Today dapat membandingkan data aktivitas dengan penilaian kualitatif dari file persona atau angka kinerja penjualan. Angka tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran pada level manajer tentang bagaimana perilaku staf mempengaruhi hasil pekerjaan.

Apa itu Kecerdasan Buatan?

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dimana suatu “kecerdasan” dibentuk dan ditanamkan pada suatu sistem yang dapat diatur sedemikian rupa untuk menghasilkan suatu manfaat.

Kecerdasan buatan pada saat ini merupakan salah satu bidang teknologi yang perkembang pesat.

Dalam menghadapi era selanjutnya, yaitu Revolusi Industri 4.0, maka kesiapan masyarakat terhadap integrasi teknologi harus semakin tinggi, termasuk juga implementasi kecerdasan buatan.

Saat ini sudah mulai ada implementasi bidang teknologi tersebut pada beberapa sistem ambisius, seperti Self-Driving Car, robot, pemecah masalah, hingga kecerdasan yang mampu meniru kinerja kognitif manusia.

Tentunya, hal ini akan menjadi tantangan kita untuk masa depan, dan kita tidak bisa mengelak dari sistem ini.

Bagaimana MedForians? Tertarik dengan projek di atas? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×