Menu Tutup

BBC Angkat Kisah Dibalik Layar YouTuber Maya

BBC Angkat Kisah Dibalik Layar YouTuber Maya

Hai, MedForians!

British Broadcasting Corporation, stasiun penyiaran asal Britania Raya menayangkan sebuah dokumenter dalam program mingguan “Click”. Episode kali ini, mereka membahas soal fenomena VTuber, atau YouTuber maya yang sedang ramai diperbincangkan.

Bagian yang menjelaskan soal VTuber dimulai dari pewarta maya asal Ibaraki, Hiyori Ibara dari saluran YouTube Ibakira. Ia akan mewartakan segala hal yang ada di Prefektur Ibaraki. Tentunya untuk tujuan menggenjot kunjungan pariwisata.

Selain Ibara, juga ada Kizuna Ai, dan YouTuber nyeleneh Baacharu, yang merupakan seekor kuda!

Masahiro Suzuki dari bagian pengembangan pariwisata Prefektur Ibaraki menyatakan dalam wawancara bahwa pihaknya memanfaatkan fenomena Vtuber ini disebabkan ia sangat diminati oleh kalangan muda. Ia berharap agar banyak orang yang kenal dengan Prefektur Ibaraki, bukan hanya skala nasional namun juga mancanegara.

BACA JUGA :  Sutradara Tomohiko Ito Ciptakan Film Anime Orisinal "Hello World"

Ia juga menyatakan jika kedepannya Hiyori Ibara akan masuk dalam dunia olahraga elektronik. Saat ditanya kemungkinan Hiyori menduduki jabatan pemerintahan, Masahiro menyatakan ia sangat tertarik.

Lalu, bagaimana cara kerja dari YouTuber maya?

Seluruh gerakan dari obyek 3 dimensi merupakan terjemahan dari gerak tubuh seseorang melalui motion capture. Ia akan merekam gerak-gerik tubuh dari kepala hingga kaki, bahkan raut muka dan mulut!

Cara ini juga dilakukan di Hollywood untuk merekam gerak tubuh yang diterjemahkan ke dalam suatu obyek 3 dimensi. Kamera diletakkan di sekeliling ruangan, lalu aktor akan menggunakan sebuah pakaian yang dapat dideteksi oleh kamera tersebut. Kamera juga diletakkan di depan wajah untuk merekam raut muka aktor. Suara juga direkam sekaligus dengan gerakannya.

BACA JUGA :  Film Children of the Sea Luncurkan Trailer Perdana

Sutradara dari Studio Spice, Kensuke Kitou menyatakan dengan teknik mocap ini, aktor dapat menggerakkan karakter secara langsung.

Bagaimana, apa MedForians tertarik membuat YouTuber maya untuk mengenalkan kearifan lokal daerahmu?

MedForians dapat melihat keseluruhan isi episodenya melalui video YouTube berikut.

 

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

Loading...
×
.entry-content > img[data-lazy-type=image]