Menu Tutup

Cabut Flashdisk di Windows 10 Kini Tak Perlu Lagi “Safely Remove”

Cabut Flashdisk di Windows 10 Kini Tak Perlu Lagi “Safely Remove”

Hai, MedForians!

Ternyata selama ini tidak diwajibkan!

Fitur “Safely Remove USB Drive”

Pengguna Windows, baik dari awam hingga yang sudah “master” tentunya sudah familiar dengan himbauan “jangan asal cabut, di-eject dulu”

Dikutip dari KompasTekno, himbauan ini dikarenakan terdapatnya ikon eject pada fitur safely remove hardware and eject media pada Windows. Walaupun namanya terlihat sebagai fitur keamanan, namun seringkali fitur ini hanyalah sebuah “gangguan” semata yang tidak banyak orang pedulikan.

Walaupun begitu, memang secara resmi disarankan untuk menggunakan fitur ini agar data yang tersimpan pada perangkat USB tidak rusak. Tapi sudah banyak orang yang tidak mempedulikan fitur ini namun datanya masih aman-aman saja.

Perubahan Kebijakan

Dalam update Windows 10 v1809 yang mulai disalurkan pada Oktober 2018 lalu, Microsoft ternyata mengubah removal policy untuk perangkat USB dan Thunderbolt menjadi “Quick Removal” secara default, dari sebelumnya “Better Performance”.

Ini berarti perangkat USB bisa langsung dicabut dengan aman, tanpa perlu menekan ikon “eject” atau safely remove hardware di taskbar terlebih dahulu, sehingga lebih praktis bagi pengguna

BACA JUGA :  Microsoft Dikabarkan Pecat Jurnalis untuk Digantikan dengan Robot

Namun, kebijakan “Quick Removal” menurunkan kinerja perangkat, karena menon-aktifkan fungsi write caching, seperti di pengaturan “Better Performance” untuk media penyimpanan eksternal berbasis USB.

Saat fungsi write caching aktif dengan removal policy “Better Performance”, file akan terlebih dahulu disimpan di memori utama (RAM) sebelum ditulis (write) ke media penyimpanan eksternal.

Dengan demikian, aplikasi pun bisa berjalan lebih cepat karena tak perlu menunggu perintah write selesai dilakukan ke media eskternal, yang notabene lebih lambat dibanding media internal.

Akibatnya, file atau data yang disimpan sementara di memori utama tadi bisa hilang sebelum ditulis, apabila koneksi ke media eksternal tiba-tiba putus, misalnya apabila mati listrik atau media penyimpanan dicabut tanpa prosedur safely remove hardware.

Dapat Disesuaikan

Microsoft memberikan pilihan kepada pengguna bagi yang ingin mengubah kebijakan tersebut. Pengguna dapat mengubah pengaturan “Quick Removal” di  Windows 10 v1809 menjadi “Better Performance”. Dengan ini, pengaturan akan kembali seperti sebelumnya, untuk meningkatkan kinerja lewat write caching.

Caranya adalah dengan membuka menu “Disk Management” di “Control Panel”, kemudian klik kanan media eksternal yang bersangkutan, lalu pilih “properties”. Di jendela baru yang muncul, pilih tab “Policies”, kemudian ganti opsi “Quick Removal” menjadi “Better Performance”.

BACA JUGA :  Kenang George Floyd, Spotify Hening Selama 8 Menit 46 Detik

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian rajin “eject” di komputer kalian? Yuk berikan tanggapannya!

Kembali ke Atas

BACA JUGA...

×