Cetak Startup Unicorn, Pemerintah Bentuk Yayasan NextICorn

Teknologi 7 Apr 2019

Hai, MedForians!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Koordinasi Penananaman Modal (BPKM) membentuk yayasan Next Indonesia Unicorn (NextICorn) untuk memastikan kelangsungan program yang bertujuan mencetak startup unicorn di Indonesia.

Dilansir dari Detik.com, kehadiran lembaga tersebut ditandai dengan telah ditandatangani akta Yayasan NextIcorn oleh Mekominfo, Rudiantara dan Kepala BKPM, Thomas Lembong di Greenhouse, Multivision Tower, Jakarta, Jumat (5/4) kemarin.

Sebagai informasi tambahan, NextICorn atau Next Indonesia Unicorn adalah sebuah kerja sama antara industri (swasta) dan pemerintah yang mencari startup-startup terbaik di Indonesia yang siao menerima investasi baik asing maupun dalam negeri.

Yayasan NextIcorn didirikan dengan tujuan melembagakan keberlangsungan kerja sama pemerintah dengan ekosistem yang diwakili oleh tokoh-tokoh yang telah memberikan warna bagi wajah ekonomi digital di Indonesia. Termasuk founder dari Unicorn Indonesia, yaitu William Tanuwijaya dari Tokopedia, Nadiem Makarim dari Go-Jek, dan Achmad Zaky dari Bukalapak.

Rudiantara mengatakan, pembentukan Yayasan NextICorn menunjukana bahwa para tokoh dalam ekosistem ini bekerja dengan hati, dan bukan hanya berorientasi kepentingan dan keuntungan jangka pendek masing-masing.

“Langkah mendirikan yayasan merupakan bagian dari proses pembangunan ekosistem jangka panjang yang berkelanjutan sehingga industri ekonomi digital dapat berkembang lebih cepat dan lebih baik,” ujar Rudiantara dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/4).

Ia juga mengharapkan Yayasan NextICorn dapat menfasilitasi starup Indonesia.

“Diinisiasi oleh industri, dijalankan oleh industri, dan untuk industri. Ke depannya, yayasan NextICorn diharapkan akan mampu memfasilitasi startup Indonesia menjadi Unicorn, dan terus dikembangkan untuk memfasilitasi unicorn menjadi decacorn”.

Fasilitas yang disediakan oleh NextICorn tidak hanya dalam akses bertemu dengan Ventur Capital (VC) idaman, namun juga membuka kesempatan pendanaan, teknologi, pemasaran, maupun dukungan model usaha. Board sepakat bahwa pembentukan yayasan adalah langkah tepat untuk mengelila dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya untuk memfasilitas percepatan lahirnya unicorn-unicorn Indonesia yang baru.

Dibentuk tahun 2017 berdasarkan gagasan bersama, diawali dengan inisiasi Menkominfo di tahun 2015. Kominfo kemudian memutuskan untuk mengajak lima perusahaan starup Indonesia yang kala itu baru berkembang ke Sillicon Valley, dan memperkenalkannya kepada para pemimpin dan investor digital tingkat satu di sana.

Ke depannya, melalui Yayasan NextICorn, akan lebih banyak dihadirkan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan keberadaan startup calon unicorn yang baru melalui kegiatan rekrutmen, konvensi, hingga summit.

Pencapaian NextICorn juga diklaim telah mendapatkan pengakuan dari dunia asing. Dirjen Aptika Kominfo, Semuel A. Pangarepan menyampaikan bahwa program NextICorn telah menjadi program ASEAN, dan sudah menerima permintaaan benchmark dan adpsi dari beberapa negara di antaranya Korea, Amerika Serikat, dan Arab Saudi

Bagaimana MedForians? Apakah MedForians tertarik dengan NextICorn? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann