Dilarang Pakai WhatsApp dan Telegram, PNS Prancis Gunakan Aplikasi Lokal

Teknologi 24 Apr 2019

Hai, MedForians!

Berita terbaru hadir dari negeri Menara Eiffel, Prancis. Pemerintah Prancis melarang pegawai negeri sipil (PNS) menggunakan WhatsApp.

Dilansir dari Kompas Tekno, Selasa (23/4) pemerintah disana kemudian membuat aplikasi alternatif Tchap, sebuah aplikasi pesan instan bikinan dalam negeri, yang dibuat sebagai pengganti WhatsApp dan Telegram.

Tchap memang dimaksudkan supaya komunikasi antar pegawai dan instansi pemerintah (PNS) Perancis, tidak disimpan di server luar negeri, seperti halnya pada WhatsApp dan Telegram, sehingga rentan diintip pihak asing.

Server Tchap berlokasi di dalam negeri Perancis. Percakapan antar penggunanya turut dilindungi oleh enkripsi.

Ironisnya, di hari yang sama dengan rilisnya tanggal 18 April lalu, sebuah bug keaamanan ditemukan di Tchap. Bug ini memungkinkan orang di luar kalangan pemerintah membuat akun dan menggunakan Tchap.

Untungnya, pihak pengembang Tchap langsung menambal bug dimaksud, juga di hari yang sama dengan penemuannya.

Nama “Tchap” sendiri diambil dari ilmuwan, Claude Chappe, penemu sistem telegraf optis yang diterapkan di seluruh Perancis antara tahun 1792 hingga 1850, sebelum digantikan sistem telegraf listrik.

Aplikasi Tchap kini sudah tersedia di toko aplikasi Android, Google Play Store dan Apple App Store untuk iOS. Dashboard untuk mengakses Tchap dari peramban web sedang disiapkan.

Pemerintah Perancis membuka source code Tchap di repositori GitHub, sehingga pihak lain bisa membuat aplikasi serupa untuk keperluan internal.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.