Elon Musk Siap Kembangkan Teknologi Komputer Terhubung dengan Otak Manusia

Teknologi 24 Apr 2019

Hai, MedForians!

Beberapa saat yang lalu, CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk mempunyai gagasan bahwasanya manusia harus terhubung dengan komputer, dalam rangka mengontrol perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Dilansir dari Detik.com, Selasa (23/4), teknologinya dikembangkan oleh salah satu anak perusahaan Elon yang dinamainya Neuralink. Bahkan dalam tweet terbaru, CEO Tesla dan SpaceX tersebut menyatakan inovasi Neuralink ini sudah berstatus ‘coming soon’ alias segera tiba. Sayangnya, ia tidak menjelaskan detailnya lebih lanjut.

Sebelumnya, Neuralink sudah memberi teaser tentang sebuah produk yang akan secara efektif menghubungkan otak manusia dengan komputer. Caranya adalah dengan memakai chip yang diimplan. November 2018, Elon Musk menjelaskan teknologinya akan melibatkan ‘elektroda ke interface neutron dalam level mikro’. Bentuknya semacam chip serta kabel-kabel kecil yang diimplan di tengkorak manusia melalui operasi.

“Aspirasi jangka panjang dengan Neuralink adalah untuk mencapai simbiosis dengan AI dan mencapai semacam demokratisasi intelijensi, sehingga tidak dimonopoli oleh pemerintah dan korporasi besar,” ujar Elon.

Pria yang ingin meninggal di planet Mars ini meyakini manusia harus mengekplorasi teknologi sejenis cyborg seiring perkembangan pesat AI.

“Aku yakin hal ini bisa dilakukan, mungkin dalam satu dekade. Jika kita punya jutaan orang dengan link bandwidth tinggi ke ekstensi AI diri mereka sendiri, itu akan membuat mereka super pintar,” papar Elon.

Sebelumnya, Elon sendiri sempat menggegerkan netizen ketika mengganti foto profil akun Twitternya dengan protagonis dari anime Fullmetal Alchemist, Edward Elric.

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann