Gmail Dapatkan Fitur Baru Sebagai Kado Ulang Tahun Ke-15

Teknologi 3 Apr 2019

Hai, MedForians!

Wah, ternyata Gmail telah berulang tahun untuk ke-15 kalinya!

Tidak ada yang Percaya

1 April 2004, Google meluncurkan Gmail. Banyak masyarakat yang mengira projek tersebut email berbasis website ini merupakan lelucon April Mop, termasuk CEO saat ini, Sundar Pichai yang pada hari yang sama juga melakukan wawancara untuk menjadi pegawai Google.

Saat itu juga Google menawarkan sesuatu yang berbeda dari platform surat elektronik lainnya, yaitu kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB untuk setiap pengguna.

Pada saat itu, ukuran penyimpanan tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan pesaingnya. Google juga dikatakan telah “berani” untuk menawarkan penyimpanan sebesar itu.

Sebagian pihak pun ada yang menanggap tawaran tersebut sebagai lelucon belaka.

Walau awalnya dikira sebagai suatu “bercandaan” dari Google, sepertinya perusahaan ini tampak serius untuk mengembangkan layanan surat elektroniknya.

Sukses pada Usianya ke-15

15 tahun kemudian, Gmail menjadi salah satu layanan Google yang paling populer dengan 1,5 miliar pengguna per bulan.

Dengan jumlah pengguna yang fantastis ini, sepertinya platform tersebut layak untuk mendapatkan “hadiah” dari “orangtua”.

Untuk merayakan ulang tahunnya ke 15, Google meluncurkan fitur terbarunya yang sangat berguna bagi professional user, Yaitu penjadwalan pengiriman email.

Dilansir dari detikINET dan CNET, Google mengatakan fitur menjadwalkan pengiriman email ini dirancang agar orang-orang bisa menghargai digital well-being.

Fitur ini memungkingkan pengguna untuk memilih mengirimkan sesuai waktu yang direkomendasikan, seperti besok pagi pukul 09.00 atau besok siang pukul 13.00. kalian juga tetap bisa memilih waktu yang lebih spesifik lewat menu yang ada. Membuat para professional user lebih leluasa dalam mengirim emailnya.

Untuk Gmail versi aplikasi ponsel, fitur tersebut dapat diakses dengan menyentuh atau “tap” ikon tiga titik yang berada di sisi kanan atas emai yang ingin dikirim. Kemudian pilih opsi ‘Schedule send’ dan pilih waktu yang diinginkan.

Selain untuk Google juga menghadirkan fitur smart Compose untuk semua seri smartphone Android. Fitur tersebut dulu hanya ada eksklusif tersedia untuk Google Pixel 3 dan 3 XL.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis melengakapi email sembari diketik dengan menggunakan kecerdasan buatan. Degan update tersebut yaitu Smart Compose juga hadir dalam lebih banyak Bahasa yaitu Bahasa Spanyol, Perancis, Italia, dan Portugal.

Bagaimana MedForians? Apakah kalian menunggu fitur tersebut? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

Tag

Rafli Ramadhan

Instagram : @ram.dhaann