Menu Tutup

Jelang Bulan Ramadhan, Indosat Siapkan Bandwidth 18 TB per Hari

Hai MedForians!

Indosat meningkatkan kapasitas bandwidth mereka menjelang bulan Ramadhan!

Kenaikan Traffic Data

Beberapa saat yang lalu, Indosat Ooredoo memprediksi bakal ada kenaikan lalu-lintas data sebesar 15 persen hingga 20 persen di jaringannya selama periode Ramadhan dan Lebaran 2019.

Rincian prediksi tersebut menyatakan bahwa penggunaan data bisa mencapai 9,3 terabyte per hari. Sementara trafik SMS mencapai 125 juta SMS per hari, dan trafik layanan suara mencapai 2,1 juta erlang per hari.

Peningkatan Kapasitas

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Indosat Ooredoo telah meningkatkan kapasitas data (bandwidth) hingga 18,4 TB per hari, kapasitas layanan SMS hingga 975 juta SMS per hari, dan kapasitas layanan suara hingga 37 juta erlang per hari.

Selain meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga akan dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC).

BACA JUGA :  Kei Takebuchi Hadir sebagai Guest Star Gelar Jepang UI 2019

Pusat pelayanan i-NOC dan i-SOC sendiri akan bertugas sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional.

Pemantauan jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran.

Hal itu dilakukan sebaga upaya perusahaan telekomunikasi ini untuk mengidentifikasi masalah yang timbul secara proaktif melalui tim Perfomance Monitoring dan secara reaktif melalui tim Customer Service.

Nantinya, sebelu sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, tim Indosat Ooredoo juga akan langsung memperbaiki performa jaringan tersebut agar layanan mereka bisa digunakan dengan lancar.

Dilansir dari Kompas.com, “Jadi pada saat H-3 dan H+3 pada momen Lebaran 2019 nanti, kami kana melakukan monitoring jaringan melalui Command Center. Jadi jika ada degredasi jaringan, kita bisa siaga perbaiki langsung.” kata Selo Poernomo, Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooredoo, Kamis (25/4).

BACA JUGA :  Menghafal Al-Qur'an Lebih Seru dengan Game Ini! #REPLIKA

 Peningkatkan kapsitas jaringan dan layaan ini juga merupakan sebagai hasil dari meningkatnya coverage Indosat Ooredoo di beberapa titik di Indonesia.

Di Sumatera Barat sendiri, misalnya, cakupan jaringan 4G pada Lebaran tahun ini mencapai 61 persen dari populasi masyarakat. Padahal, tahun lalu baru sebesar 17 persen. Hal ini karena Indosat sendiri telah menambah jumlah BTS 4G hingga enam kali lipat

Bagaimana MedForians? Tertarik menggunakan fitur tersebut? Yuk jangan lupa berikan tanggapannya!

MedForians Wajib Baca Ini!