Menu Tutup

Kamera Huawei P30 Pro Gunakan Sensor Buatan Sony

Kamera Huawei P30 Pro Gunakan Sensor Buatan Sony

Hai MedForians!

Dibalik ponsel kamera “dewa” ternyata ada sesepuh yang lebih “dewa” lagi!

Kamera Ponsel

Huawei P30 Pro menjual salah satu fitur andalannya adalah kamera. Kamera smartphone tersebut menawarkan berupa empat kamera belakang yang terdiri dari kamera 40 megapiksel (f/1.6 OIS), kamera 20 megapiksel (ultra wide, f/2.2), dan kamera telephoto 8 megapiksel f/3.4.

Kemampuan kamera Huawei P30 Pro tak usah diragukan lagi, menududuki posisi nomor satu oleh salah satu situs benchmarking kamera DxOMark, menggeser jagoan tahun lalu, Huawei P20 Pro.

Meski dirancang dengan pabrikan lensa asaal Jerman, Leica, namun keempat kamera Huawei P30 Pro ternyata menggunakan sensor gambar buatan Sony. Hal tersebut terungkap beberapa saat yang lalu oleh EE Times, sebuah media industry elektronik asal AS.

Dilansir dari Kompas.com “Secara harfiah, smartphone baru ini memiliki empat buah kamera. Mereka adalah utama, kamera wide-angle, Time of Flight (ToF), dan periskop. Keempatnya menggunakan sensor Sony CMOS. Ini adalah kemenangan desain bagi Sony.” ujar analis System Plus Consulting, Stephane Elisabeth.

BACA JUGA :  Ikuti Google, Intel dan Qualcomm Putus Hubungan dengan Huawei

Bukan Dari Leica

Pasca peluncuran Huawei P30 Pro, pihak Leica memang mengatakan tidak terlibat untuk urusan sensor, melainkan merancang aspek lain untuk kamera ponsel Huawei.

Dilansir dari KompasTekno, “Dari Leica, mayoritas soal optical design dan kualitas, sementara bagian Huawi lebih banyak focus pada algorithm dan software,” ujar Dr. Florian Weller, Project Manager Design Leica Camera AG.

Sensor kamera Sony memang banyak tersemat di berbagai kamera smartphone baik ponsel menengah maupun high-end. Dari lini Galaxy oleh Samsung hingga iPhone dari Apple diketahui menggunakan sensor kamera dari sang pabrikan Jepang ini.

Sony juga dikenal sebagai perusahaan yang mampu membuat sensor kamera dengan kualitas premium. Apabila suatu ponsel menggunakan sensor buatan Sony, dapat dikatakan bahwa kualitas kamera ponsel tersebut akan lebih bagus daripada ponsel pada umumnya.

BACA JUGA :  Pemerintah AS Cabut Sementara "Embargo" Huawei

Belakangan, Sony mengaku kamera ponselnya, kalah bersaing dengan perusahaan lain karena pengembangannya terhambat. Hambatan tersebut disebabkan oleh konflik kepentingan dengan divisi kamera mirrorless di internal perusahaan.

Bagaimana MedForians? Semakin tertarik untuk membeli ponsel Huawei P30 Pro? Yuk berikan tanggapannya!

MedForians Wajib Baca Ini!