Khawatir Langgar Hukum, Mortal Kombat 11 Batal Rilis di Indonesia

Gaming 21 Apr 2019

Hai, MedForians!

Versi terbaru dari seri game populer ini tidak jadi rilis di Indonesia!

Batal Rilis

Iterasi terbaru dari game pertarungan Mortal Kombat, yaitu Mortal Kombat 11, mendadak dibatalkan perilisannya di Indonesia.

Dikutip dari Gamebrott.com, menurut salah satu pemilik toko berlisensi resmi dari PlayStation, Hengky Tanuwidjaja, distributor resmi dari Warner Bros, yang menangani game tersebut mengatakan bahwa pemasokan Mortal Kombat 11 dibatalkan di Indonesia dan semua yang berkaitan tentang gamenya baik edisi fisik dan digital sudah dicabut termasuk laman pada platform gaming Steam.

Hengky juga menambahkan bahwa pihak resmi tak bisa memberikan alasannya ke ruang publik karena masalah yang sangat sensitif. Oleh karenanya ia menawarkan refund bagi kamu yang telah melakukan pre-order.

Selain di Indonesia, terdapat dua negara lain yang terdampak dari pembatalan perilisan game ini. Negara tersebut adalah Ukrania dan Jepang.

Saat ditanya mengenai ketidaksediaan game ini di platform gaming, seperti PlayStation, pihak Warner Bros pun merespon pertanyaan salah satu fans gamenya dari Ukraina.

Mereka mengatakan bahwa mereka membatalkan perilisan gamenya karena ingin “memenuhi hukum yang berlaku di negara tersebut”. Keputusannya mungkin akan berubah seiring perubahan hukum yang berlaku.

Alasan tersebut juga berlaku untuk kedua negara lain yang terdampak, yaitu Jepang dan Indonesia.

Konten Tak Layak?

Terdapat beberapa dugaan mengenai alasan pembatalan rilisnya game yang sangat dinantikan ini.

Pada umumnya, banyak yang berpendapat bahwa game terbaru dari seri Mortal Kombat ini mengandung terlalu banyak unsur kekerasan. Hal ini menyebabkan konten game tersebut tidak sesuai untuk beberapa negara, layaknya Indonesia.

Ada juga isu yang mengatakan bahwa game ini mengandung unsur sensitif, yaitu terdapatnya lambang palu arit dan konten dengan tema yang identik dengan ideologi komunis.

Tampilan skin “Kold War” Skarlet di Mortal Kombat 11 (Sumber: Dual Shockers)

Pada salah satu konten DLC, tepatnya arena kostum DLC ”Kold War” milik Skarlet, terdapat unsur yang bernuansa kental Uni Soviet.

Apabila game ini tidak dibatalkan, rencananya Mortal Kombat 11 akan diluncurkan pada 23 April 2019 untuk PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch dan PC.

Berikut adalah trailer dari Mortal Kombat 11.

Bagaimana, MedForians? Apakah kalian juga penyuka game Mortal Kombat? Yuk berikan tanggapannya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast