Menu Tutup

Kreator Lupin III, “Monkey Punch” Meninggal Dunia

Kreator Lupin III, “Monkey Punch” Meninggal Dunia

Hai, MedForians!

Berita duka hadir dari dunia anime, terutama bagi penggemar Lupin III. Kreator Lupin III, Monkey Punch, dikabarkan meninggal dunia.

Dilansir dari Yahoo Japan, Rabu (17/4), Monkey Punch meninggal dunia pada Kamis (11/4) di usia 81 tahun. Sang kreator, yang bernama asli Kazuhiko Katō, menghembuskan napas terakhir akibat pneumonia yang dideritanya.

Lahir 26 Mei 1937 di Hamanakka, Monkey Punch memulai debutnya sebagai mangaka sejak 1965. Judul pertamanya adalah Playboy Nyūmon, dan terbit di majalah Manga Story milik penerbit Futabasha.

Bagi yang tidak familiar, Lupin III awalnya berasal dari sebuah manga karya Monkey Punch yang terbit pada 1967. Kemudian, manga-nya diangkat pertama kali ke dalam serial anime pada 1971.

BACA JUGA :  CGV Indonesia Siap Tayangkan Film Tenki no Ko

Selain seri anime, Lupin III juga mendapatkan film layar lebar dan live action. Baik seri anime maupun film layar lebarnya sangat terkenal baik di Jepang maupun dunia. Terakhir, film layar lebar anime terbarunya yang berjudul Lupin the IIIrd: Mine Fujiko no Uso (Lupin the IIIrd: Fujiko Mine’s Lie) dijadwalkan mulai tayang di bioskop Jepang pada 31 Mei mendatang.

Sejumlah penghargaan telah ia raih sejak awal 1980an. Diantaranya adalah Comic-Con International’s Inkpot Award, Romics’ Golden Romics, the Association of Media in Digital (AMD) Awards’ Meritorious Service Award, dan Tokyo Anime Award Festival’s Meritorious Service Award.

Anime-nya sendiri mengisahkan sang protagonis sebagai cucu dari pencuri jantan legendaris Arsene Lupin yang dikarang oleh penulis asal Perancis Maurice Leblanc.

BACA JUGA :  Anime Dumbbell nan Kilo Moteru Umumkan Tanggal Tayang

Redaksi mengucapkan turut berduka cita dan berbela sungkawa atas meninggalnya salah satu mangaka legendaris ini.

Sumber: Comicbook, Crunchyroll, Anime News Network

MedForians Wajib Baca Ini!