Menu Tutup

Kualitas Kamera iPhone Mulai Kalah Saing Dibanding Ponsel Android

Kualitas Kamera iPhone Mulai Kalah Dibanding Ponsel Android

Hai, MedForians!

Sepertinya salah satu fungsi unggulan ponsel dari Apple mulai kehilangan kekuatannya!

Fitur Andalan

Ponsel iPhone memiliki reputasi kualitas produk yang luar biasa tinggi. Hal ini dapat terlihat dari kualitas layar, body, hingga kamera.

Khusus untuk kamera, fungsi ini dari dahulu menjadi salah satu kekuatan ponsel buatan Apple ini.

Gambar dan video yang diambil dari iPhone sudah dapat dijamin bagus kualitasnya. Hal ini membuat ponsel ini populer, baik untuk masyarakat yang “hits”, desainer, fotografer, hingga YouTuber.

Status quo yang dimiliki oleh iPhone terus membuat ponsel ini untuk memiliki kesan yang profesional dan “elit”

Ponsel-ponsel lain yang ingin menyaingi iPhone terus mengalami kesulitan. Seringkali ponsel Android harus secara aktif memamerkan kameranya, seperti berlomba untuk meningkatkan kapasitas piksel pada kamera.

Sedangkan, ponsel iPhone tidak merasa buru-buru pada lomba megapiksel tersebut. Apple lebih memilih meningkatkan kualitas kamera dibandingkan angka piksel.

Contohnya adalah iPhone 6 saat rilis masih menggunakan kamera 8 megapiksel. Kemudian, ponsel selanjutnyanya hingga iPhone X menggunakan kamera 12 megapiksel.

Namun, pada zaman sekarang keadaan ini sepertinya mulai berubah.

BACA JUGA :  Kolaborasi Sunrise x Hino Motors Ciptakan Iklan Anime Bertema Masa Depan

Mulai Kalah

Dikutip dari Detik INET dan The Verge, sepertinya iPhone mulai kehilangan status “raja kamera” yang dimiliknya.

“Satu hal yang dulu adalah contoh kepemimpinan Apple dibanding Android, kamera iPhone tidak lagi berada di posisi atas dalam daftar alasan untuk menginginkan iPhone,” tulis Vlad Savov, kolumnis teknologi The Verge.

“Kamera iPhone sudah tertinggal dan saat ini hal itu adalah sesuatu yang cenderung sudah diterima oleh para user,” tambah dia.


Ia memaparkan bahwa 4 tahun sebelumnya untuk bisa mengalahkan iPhone, vendor lain harus dapat melebihi kameranya. Selain masalah kualitas tinggi, kamera iPhone juga begitu mudah digunakan.

“Pada saat itu, Apple memiliki titel tak terbantahkan untuk kamera mobile terbaik, dengan kombinasi unik foto kualitas tinggi serta kemudahan pemakaian,” sebut Vlad.


Namun perlahan tapi pasti, vendor Android mengejar dan kemudian, keadaan mulai berbalik. Tahun 2016, kamera ponsel Google Pixel disebut sebagai terobosan. Diikuti oleh Huawei P20 Pro yang disebut melampaui Pixel.

Kompetisi dari Ponsel Android

Google merespons dengan perkenalan mode Night Sight. Fitur ini mampu untuk menghasilkan foto bagus dalam kondisi gelap. Huawei kembali membalas P30 Pro dengan 5x optical zoom. Kemudian ponsel ini mampu menghasilkan foto terang meski suasana gelap gulita.


Di pihak lain, penguasa pasar Samsung juga makin hebat dalam soal kamera. Belum lagi vendor besar lain semacam Oppo dan Vivo yang terkenal dengan istilah “ponsel cantik”

Maka, patut ditunggu bagaimana kemampuan kamera terbaru nanti, apakah sekadar penambahan kualitas sekadarnya atau bakal ada inovasi besar. Tentu Apple perlu bertindak agar kamera ponsel mereka bisa kembali di posisi depan.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×