Menu Tutup

[#KuliahDesain] Mengenal Dasar Desain

[#KuliahDesain] Mengenal Dasar Desain

Hai MedForians!

Selamat datang di Kuliah Desain edisi perdana! Segmen ini akan membahas Tutorial dan Kiat dalam membuat desain grafis yang baik dan benar. Tetapi sebelum kita belajar lebih jauh mengenai Desain Grafis, terlebih dahulu kita mengenal beberapa hal dasar dalam membuat suatu karya desain grafis.

Apa itu Unsur Desain

Unsur desain merupakan bagian-bagian dari desain yang disusun untuk membentuk desain secara keseluruhan. Dalam sebuah karya desain masing-masing unsur tidak dapat dilepaskan satu sama lain meski terkadang sebuah karya desain tidak selamanya memuat unsur secara keseluruhan. Setiap unsur pembentuk desain akan memberikan kontribusi dari desain yang utuh.

Secara visual, setidaknya terdapat beberapa unsur pembentuknya antaranya titik, garis, bidang, warna, ornamen, dan tekstur.

Titik

Titik merupakan bagian terkecil dari unsur desain yang ada. Bentukan titik pada sebuah desain bisa muncul dari bahan karya desain maupun penambahan bentuk titik pada desain. Titik sering digunakan sebagai hiasan atau ornamen. Titik akan memberi kesan tertentu pada desain tergantung cara penyusunannya. Titik yang disusun berjajar akan memberikan kesan garis, titik yang disusun menyebar memenuhi bidang akan memberi kesan isi ruang.

Garis

Garis dalam teori dasar tata rupa sering diartikan sebagai suatu hasil goresan nyata. Goresan nyata tersebut dapat terbentuk dari titik yang bergerak, jalan yang dilaluinya membentuk garis. Garis mempunyai panjang tanpa lebar yang menonjol, mempunyai kedudukan dan arah. Garis merupakan goresan awal membentuk bidang maupun bangun.

Karakter garis sangat beragam, namun disebut garis jika panjangnya lebih menonjol dibandingkan dengan lebarnya. Garis akan memunculkan kesan tipis meski hal tersebut bergantung dengan pembentukannya dan bentuk di sekitarnya. Berdasarkan arahnya, garis atau kesan garis dapat dibedakan dengan sebutan garis vertikal, garis horizontal, garis zig-zag, garis lengkung, garis radial dan garis acak. Arah garis akan memberikan kesan tersendiri. Arah vertikal akan mengarahkan mata ke atas sehingga kesan yang dimunculkan adalah kesan meninggi.

Garis yang disusun dalam desain akan memunculkan kesan yang beragam. Garis tipis vertikal yang disusun berjajar akan memberi kesan meninggi dan ramping. Garis tebal vertikal akan memberi kesan kokoh dan agung. Garis horisontal tebal akan memberi kesan berisi. Garis kurva atau lengkungan akan memberi kesan dinamis. Kesan arah garis harus menjadi pertimbangan bagi desainer dalam membuat konsep desain.

BACA JUGA :  [#KuliahDesain] Tutorial Membuat Sampul Cerita Wattpad Yang Baik dan Benar

Bidang

Bidang merupakan bentukan dari garis yang ujungnya bersinggungan/bertemu. Disebut bidang jika memiliki panjang dan lebar, tanpa tebal, mempunyai kedudukan dan arah. Bidang menjadi unsur desain yang paling sering diaplikasikan baik sebagai struktur desain maupun sebagai ornamen.

Dalam desain, bidang menjadi hal yang sangat penting, karena mendesain sama halnya dengan menyusun bidang-bidang dan membentuk sesuatu yang memiliki fungsi maupun kebermaknaan. Bidang memiliki keberagaman bentuk, terdapat penamaan dari berbagai jenis bidang antara lain:

  1. Bidang geometri, bidang yang dibuat berdasar matematika. Bidang geometri terdiri dari lingkaran, segi tiga, persegi panjang, segi enam, trapezium dan lain sebagainya. bentuk geometri menjadi bentuk yang sederhana dan mudah diingat serta memberi kesan tegas pada benda.
  2. Bidang organik, bidang yang dibentuk dengan lengkungan bebas sebagai batas luarnya dan dapat juga memberi kesan pertumbuhan. Selain bentuk non geometri, bentuk makhluk hidup juga digolongkan dalam bentuk bidang organik. Bentuk daun, manusia dan stilasi dari makhluk hidup merupakan bentuk organik yang sering diaplikasikan dalam desain dan menjadi unsur desain yang sangat menarik.
  3. Bidang bersudut, bidang yang dibatasi oleh garis yang pada beberapa bagiannya membentuk sudut yang bentuk keseluruhannya tidak beraturan (tidak termasuk dalam bidang geometri). Bidang bersudut juga memili keunikan tersendiri, bentuknya yang tidak beraturan namun masih tampak geometris memberi kesan lebih dinamis.
  4. Bidang bebas, bidang yang memiliki bentukan luar yang bebas. Bidang bebas banyak digunakan dalam desain sebagai struktur maupun sebagai penghias. Bentuk bebas sering juga disebut bentuk abstrak. Bentuk ini dalam sejarah desain juga pernah mengalami masa kejayaan sebagai bentuk yang membongkar kemapanan desain modern

Warna

Warna juga menjadi bagian dari unsur desain yang sangat penting dan memiliki kekuatan yang cukup mendominasi.

BACA JUGA :  [Opini] Satu Hal yang Diperlukan Microsoft: Konsistensi

Warna merupakan pembiasan dari cahaya, tidak ada cahaya maka tidak ada warna. Menurut Muncell Color System, warna memiliki tiga atribut/karakter yaitu Hue, value dan chroma. Hue merupakan penamaan atau identitas warna seperti penyebutan warna merah, hijau dan lain sebagainya, identitas warna dapat dilihat pada lingkaran warna.

Value merupakan kekuatan gelap terang pada hue, untuk memudahkannya dapat dengan cara melihat dari kekuatannya dari kesan hitam sampai putih. Semakin hitam maka warna akan terasa semakin gelap dan semakin putih warna akan terlihat terang. Istilah yang muncul dalam desain untuk value yaitu shades dan tins. Warna yang dominan ke arah tin sering dikenal dengan warna-warna pastel.

Kelengkapan yang ke tiga adalah chroma yang berhubungan dengan intersity atau saturation. Intensitas ini akan berhubungan dengan hue dan value dari sebuah warna, misalnya sama-sama memiliki nama warna merah, merah yang satu dengan yang lain memiliki kekuataan yang berbeda.

Dalam desain warna menjadi hal yang sangat menentukan banyak hal antara lain bentuk, kesan psikologis dan dapat menjadi interest yang luar biasa. Orang memberikan persepsi terhadap warna dipengaruhi oleh banyak hal antara lain faktor lingkungan, budaya dan pengalaman personalnya.

Sekian Materi Pertama dalam Kuliah Desain. Jika ada hal yang perlu ditanyakan, silahkan komentar di kolom komentar di bawah. Sebarkan juga agar ilmu ini makin bermanfaat!

Jika kalian tertarik untuk membaca lebih lanjut, silakan baca PDF yang dapat diakses pada laman berikut ini.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×