Menu Tutup

[#KuliahDesain] Sebuah Panduan Membuat Quotes Yang Apik

[#KuliahDesain] Sebuah Panduan Membuat Quotes Yang Apik

Hai Medforians!

Kembali lagi di segmen #KuliahDesain. Dalam materi Kedua ini, kami akan memberikan kiat dalam membuat desain quotes agar tercipta desain quotes yang apik, baik dan benar.

Prinsip Desain

Namun sebelum itu, perhatikan contoh kasus berikut:

Jika anda pernah melihat quotes di media sosial, mungkin beberapa diantara anda merasakan ada yang kurang dalam desain quotes tersebut. Dalam membuat sebuah karya desain, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar tercipta sebuah karya yang enak dipandang.

  • Kenali 5 prinsip desain

Prinsip desain terdiri atas 5 hal yaitu Keseimbangan/Balance, Kesatuan/Unity, Ritme/Rhythm, Penekanan/Emphasis dan Proporsi/Proportion.

Aspek Desain

  • Ingatlah bahwa setiap desain itu memiliki konsep

Setiap bentuk yang digunakan dalam sebuah visual haruslah memiliki tujuan serta fungsi yang mendukung konsep desain tersebut. Tidak peduli bentuk yang digunakan sangat sederhana atau rumit, yang terpenting kita harus bijaksana dan memiliki pertimbangan dalam menentukan dan memakai suatu bentuk grafis.

  • Pemilihan font itu penting

Typeface yang baik adalah yang didesain untuk suatu tujuan yang baik pula, tetapi tidak berarti typeface terbaik adalah typeface yang cocok digunakan setiap saat.

Oleh karenanya, memilih font dalam desain seperti desain quotes itu perlu diperhatikan agar desain yang akan kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca serta dapat membuat pembaca senang. Dan yang paling penting, do not use Comics Sans.

  • Gunakan warna yang tepat agar mata tidak sakit
BACA JUGA :  Ramaikan Pemilu 2019, Google Tampilkan Doodle Spesial

Elemen warna merupakan salah satu nyawa desain grafis, mengapa? Karena warna memiliki makna tertentu dan dapat memberikan pengaruh yang sangat besar dalam karya desain kita.

Warna merupakan salah satu alat yang kita gunakan untuk menyampaikan maksud serta mengkomunikasikan tujuan atau konsep desain. Maka dari itu kita sebaiknya sangat peka dan memiliki pengetahuan akan makna warna agar desain yang kita kerjakan tetap berjalan pada pondasi konsep awal.

Intinya adalah gunakan warna seperlunya saja, anggapan bahwa banyak warna akan membuat desain Anda lebih indah belum tentu seratus persen tepat.

Tampilan

  • Keep it simple, jangan terlalu ramai

Beberapa karya desain grafis modern mengedepankan aspek kesederhanaan dalam unsur desainnya. Sebagai ilustrasi dalam sebuah layout desain yang penuh, karena terlalu banyak bentuk geometrik yang dipakai, terlalu banyak menggunakan jenis huruf yang berbeda dan terlalu banyak menggunakan warna.

Bisa dibayangkan bahwa setiap elemen tadi masing-masing ‘berteriak’ minta diperhatikan oleh audience-nya, namun jika kita bisa menahan diri untuk membatasi penggunaan elemen grafis secara bijak, maka audience akan dengan merasa nyaman menikmati setiap sudut, bentuk dan warna yang kita gunakan.

  • Jadikan referensi sebagai inspirasi dari desain yang ingin anda buat, bukan sebagai objek yang dijiplak.
BACA JUGA :  [#KuliahDesain] Mengenal Dasar Desain

Desain selalu berkembang dari waktu ke waktu. Secara umum setiap waktu memiliki gaya desain yang berbeda dan khas, begitu pula hal khusus dalam dunia desain, semua orang berlomba menghasilkan karya desain yang unik dan berbeda dengan desainer lain.

Namun di dalam dunia ini tidak ada sesuatu yang benar-benar asli, semua yang kita lihat, ciptakan merupakan akumulasi dari pengalaman hidup kita.

Sebaiknya kita lebih bijaksana dalam membuat karya desain, selalu berpikir bahwa apapun sumber referensi atau inspirasi kita akan dapat selalu kita kembangkan lebih lanjut – sehingga selalu akan menghasilkan karya lebih baik dari sumber-sumber inspirasi kita.

Contoh Desain

Jika kalian mengikuti 6 kiat diatas, maka desain anda sebelumnya yang seperti ini

Menjadi ini

Oke, jadi demikian Materi Kuliah Desain hari ini. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sila komentar. Masukkan anda sangat berarti bagi kami.

Sumber : Dari berbagai sumber

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

Loading...
×
.entry-content > img[data-lazy-type=image]